alexametrics

Bawa Motor Saat Hujan, Perhatikan Pelindung Tubuh yang Mendukung Keamanan Berkendara

RR Ukirsari Manggalani
Bawa Motor Saat Hujan, Perhatikan Pelindung Tubuh yang Mendukung Keamanan Berkendara
Bermacam jas hujan tersedia di pasaran, pilihlah model yang paling aman. Atau tanpa risiko tersangkut di roda seperti ditunjukkan jas hujan warna kuning. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Gunakan jas hujan dua potong atau model setelan. Ponco rawan terbelit roda kendaraan.

Suara.com - Hari-hari hujan mulai mewarnai beberapa wilayah di Tanah Air. Bagi para pengendara sepeda motor, bekal jas hujan ditambah sepatu antiselip sangatlah membantu bila mesti menerobos situasi penuh air.

Selain itu, persiapan menunggang roda dua dalam suasana hujan juga sebaiknya dilakukan.

"Mengendarai sepeda motor saat hujan membuat pengguna kendaraan roda dua perlu memperhatikan beberapa hal yang mendukung keselamatan berkendara bersama. Dengan tantangan berbeda yang dihadapi ketika hujan, kami memberikan tips yang dapat diterapkan untuk kelancaran aktivitas berkendara," ungkap Wiranata P.Ilahi, Manager Promosi Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan – Bengkulu), secara tertulis sebagaimana rilis Yamaha Territory VI yang diterima Suara.com.

Ilustrasi pengemudi sepeda motor yang mengenakan jas hujan (Shutterstock).
Ilustrasi pengemudi sepeda motor yang mengenakan jas hujan berpotensi tergulung roda sepeda motor (Shutterstock).

Berikut tips adalah tips berkendara saat hujan dari Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers. Termasuk pemilihan jas hujan dan persiapan sebelum berangkat.

Tips berkendara saat hujan:

Baca Juga: Jadi Wali Nikah Meadow Walker, Vin Diesel Beri Kode Putri Sahabatnya Main Film Franchise?

Pemilihan jas hujan

  • Selain melindungi tubuh dari hujan, fungsi jas hujan mengurangi rasa dingin dan dapat menjaga tas dan barang bawaan terhindar dari hujan.
  • Disarankan para pengendara menggunakan jas hujan jenis setelan atau two pieces (dua potong, atasan dan celana bawahan).
  • Tidak disarankan menggunakan jas hujan jenis ponco karena dikhawatirkan akan tersangkut di bagian rantai atau roda sepeda motor.

Helm

  • Pilih helm dengan visor bening karena saat hujan memungkinkan visor helm berkabut sehingga mengganggu fokus saat berkendara.

Persiapan diri

  • Sebelum keluar saat hujan, cek kondisi badan terlebih dahulu. Sebaiknya berkendara saat kondisi tubuh fit terutama saat musim hujan.
  • Tubuh yang tidak fit akan mempengaruhi fokus saat berkendara dan lebih mudah sakit akibat cuaca yang kurang mendukung.

Lampu sepeda motor

  • Fungsi lampu sepeda motor yang hidup saat musim hujan bertujuan agar pengendara dapat melihat jalan dengan jelas dalam kondisi hujan dan jalan yang tergenang air.
  • Tidak hanya lampu depan yang menyala melainkan lampu belakang pun wajib untuk hidup, terutama saat hujan lebat.
  • Dengan adanya lampu belakang yang hidup ikut memberikan tanda kepada pengendara lain. Pastikan pula ban dan rem dalam kondisi baik.

Gaya berkendara

Baca Juga: Belum Rela Valentino Rossi Pergi dari MotoGP? Tonton EICMA 2021

  • Gaya berkendara saat hujan berbeda dengan gaya berkendara saat kondisi normal.
  • Saat hujan risiko berkendara lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi normal sehingga kita harus lebih berhati-hati, terutama saat melakukan pengereman.
  • Lakukan pengereman dengan halus dan perlahan. Serta buka tutup gas yang lebih smooth, perhatikan pula kondisi sekitar.

Komentar