alexametrics

Bagian dari "Binjai Sehat", Meluncur 5 Ambulans untuk Layanan Gratis

RR Ukirsari Manggalani
Bagian dari "Binjai Sehat", Meluncur 5 Ambulans untuk Layanan Gratis
Para dokter dan perawat ambulans "Binjai Sehat" foto bersama usai peluncuran program di Binjai, Senin (6/12/2021) [ANTARA/HO]

Pemkot Binjai luncurkan ambulans "Binjai Sehat".

Suara.com - Bagian dari program "Binjai Sehat", Pemkot Binjai, Sumatera Utara, telah meluncurkan lima unit ambulans.  Dikutip dari kantor berita Antara, tujuannya adalah memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Peluncuran mobil ambulana "Binjai Sehat" ini merupakan bagian dari program kerja visi misi kami," jelas Wali Kota Binjai Amir Hamzah saat memimpin apel gabungan di lingkungan Pemkot Binjai, Senin (6/12/2021).

Dijelaskannya bahwa ambulans yang diluncurkan berjumlah lima unit. Masing-masing akan diberikan ke tiap kecamatan.

Kota Binjai, Sumatera Utara. [wikipedia]
Kota Binjai, Sumatera Utara. [wikipedia]

Sementara untuk operasionalnya, tiap unit ambulans terdiri dari satu dokter, satu perawat, dan satu sopir.

Baca Juga: Perlancar Kebutuhan Sport Otomotif dari Luar Negeri, IMI-Ditjen Bea Cukai Bersinergi

"Selain itu mobil ambulans ini juga akan dilengkapi fasilitas obat-obatan dan oksigen. Mobil ambulans ini adalah milik bersama, jadi saya minta agar senantiasa dirawat dan dijaga," tandas Amir Hamzah.

Ambulans "Binjai Sehat" direncanakan akan turun ke kawasan permukiman warga setiap hari, dengan mengunjungi rumah yang memiliki riwayat penyakit sudah kronis, dan tidak dapat hadir ke pelayanan kesehatan.

Selain itu, juga mengantar warga yang memerlukan pelayanan kesehatan lanjutan di fasilitas pelayanan kesehatan. Kemudian mobil ini juga akan melakukan pemantauan terhadap kesehatan ibu dan anak.

"Fasilitas ini merupakan upaya kita bersama untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kota Binjai. Untuk itu saya tekankan kepada semua pemangku kepentingan agar dapat memaksimalkan pelayanan kesehatan di dengan sebaik-baiknya," katanya.

Wali Kota Binjai juga mengimbau kepada camat beserta lurah untuk menginformasikan kepada jajarannya beserta kepala lingkungan di wilayahnya masing-masing, untuk melakukan sosialisasi hal ini kepada masyarakat.

Baca Juga: FIFGROUP Dukung Industri Otomotif Indonesia Lewat GIIAS 2021

"Semoga dengan adanya ambulans Binjai Sehat ini, diharapkan ke depannya dapat bermanfaat dan memenuhi harapan masyarakat akan perolehan pelayanan kesehatan yang bermutu di Kota Binjai," pungkas Amir Hamzah.

Komentar