alexametrics

Terapkan Standar Euro 4, DCVI Garap Mercedes-Benz Axor untuk DCVMI

RR Ukirsari Manggalani
Terapkan Standar Euro 4, DCVI Garap Mercedes-Benz Axor untuk DCVMI
Mercedes-Benz Axor [ANTARA/Mercedes-Benz].

DCVMI mulai melakukan produksi AXOR pada April 2022.

Suara.com - PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) dan PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) melanjutkan komitmen mendukung rencana pemerintah. Yaitu penerapan standar emisi Euro 4 pada mesin kendaraan diesel mulai April 2022.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi, DCVI mendapatkan kepercayaan dari DCVMI untuk memproduksi kendaraan komersial Mercedes-Benz Axor yang sudah memenuhi standar Euro4 di pabrik Wanaherang, Bogor.

President Director PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia, Jung Woo Park mengungkapkan bahwa penyerahan unit Mercedes-Benz Axor Euro 4 menjadi langkah pertama perusahaan dalam menyambut standar emisi Euro 4 yang akan dimulai April 2022.

PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) kembali beroperasi [Daimler via ANTARA News].
PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) kembali beroperasi [Daimler via ANTARA News].

"Sebagai bentuk dukungan PT DCVI kepada pemerintah, kami berkomitmen melakukan proses transisi lewat penyempurnaan pada produk-produk unggulan kami," paparnya.

"Kami juga sangat senang bisa membuka babak baru bagi Indonesia yang lebih ramah lingkungan dengan menghadirkan teknologi selective catalytic reduction (SCR) dan Adblue," jelas Jung Wo dalam keterangan resminya, Rabu (8/12/2021).

Baca Juga: Pemerintah Berharap Mercedes-Benz Bisa Ekspor Mobil Buatan Indonesia

Mercedes-Benz Euro 4 Axor memiliki kombinasi teknologi yang unik untuk Indonesia. Dia menyebutkan bahwa perusahaan sudah menggunakan mesin yang terbukti andal untuk memastikan kinerja kuat dengan bahan bakar Indonesia. Sementara SCR akan menurunkan emisi setelah diproses di ruang bakar.

"Dengan begitu, kita bisa mengandalkan kondisi dan performa terbaik mesin selama beroperasi. Selain itu, kami meningkatkan interval perawatan menjadi 50.000 km untuk truk Euro 4 dengan sistem tambahan pada mesin yang menjaga oli mesin tetap bersih sepanjang waktu," ungkap Jung Wo.

Dalam pembuatan Mercedes-Benz Axor, DCVI membawa penyegaran berupa penambahan aksen baru di bagian eksterior dan interior.

Sementara segi teknis, tersedia varian Mercedes-Benz Axor 2528R/5700, 2523R/4500 dan 2523R/5700.

Untuk sektor eksterior, DCVI menyematkan Roof Sun Visor sebagi pelindung dari silau matahari dan tambahan pada ujung bemper yang stylish. Paduan dua bagian eksterior ini membuat tampilan Axor lebih gagah saat di jalanan.

Baca Juga: Kenalkan EQS 450+, Mercedes-Benz Korea Tambahkan Deretan Mobil Listrik Produksinya

Sementara di bagian interior, kesan mewah brand Mercedes-Benz diterjemahkan lewat perubahan warna kabin yang dominan hitam, coklat dan beige. Perubahan pola warna kursi menjadi pola 3D juga membuat tampilan interior Mercedes-Benz Axor lebih mewah dan bergaya.

Secara teknis, bobot Gross Vehicle Weight Rating sebesar 26.500 kg dari yang sebelumnya 25.000 kg. Selain itu, Mercedes-Benz Axor ini juga mendapatkan pembaruan di bagian axle yang sebelumnya memiliki kapasitas axle depan-belakang sebesar 6.000 kg – 19.000 kg menjadi 6.500 kg – 20.000 kg.

Lalu di bagian ban juga dilakukan pembaruan menjadi 11.00-20 bias sehingga makin sesuai dengan persyaratan pasar mengenai kapasitas beban ban, dan lebih cost-efficient.

Komentar