facebook

Bersamaan Launching SPKLU Ambon, Kota Kendari Resmikan Gerai Pengisian Baterai EV

RR Ukirsari Manggalani
Bersamaan Launching SPKLU Ambon, Kota Kendari Resmikan Gerai Pengisian Baterai EV
Dua unit mobil listrik yang melakukan recharging baterai menandai peresmian SPKLU yang dibangun PLN di kawasan Kelurahan Lepo-Lepo, Baruga Kendari (Foto ANTARA/Azis Senong)

SPKLU ini adalah yang pertama di Kota Kendari.

Suara.com - Peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dari PT PLN (Persero) Regional Sulmapana (Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara) berlangsung di enam kota pada Senin (17/1/2022). 

Dikutip dari kantor berita Antara, lokasi SPKLU yang diresmikan meliputi Kota Manado, Kendari, Labuan Bajo, Mataram, Ambon dan Jayapura.

Selain bisa disimak peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama Kota Ambon yang dihadiri Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, di Kendari, Sulawesi Tenggara tampak Gubernur Sultra Ali Mazi didampingi General Manager PLN Unut Indul Wilayah (UIW) Sulselrabar, Awaluddin Hafid.

 Gubernur Sultra Ali Mazi (tengah) didampingi GM PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid (kanan), Walikota Kendari Sulkarnain Kadir (kedua kiri) dan Bupati Konawe Utara Ruksamin (kedua kanan) saat melakukan peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Kendari, Senin. (Foto ANTARA/Azis Senong)
Gubernur Sultra Ali Mazi (tengah) didampingi GM PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid (kanan), Walikota Kendari Sulkarnain Kadir (kedua kiri) dan Bupati Konawe Utara Ruksamin (kedua kanan) saat melakukan peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Kendari, Senin. (Foto ANTARA/Azis Senong)

Senada Kota Ambon, Kota Kendari kini memiliki SPKLU pertama. Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi meresmikan SPKLU Sultra yang berlokasi di halaman kantor PT PLN Unit Wua Wua di Kelurahan Lepo-Lepo Kecamatan Baruga Kendari, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: SPKLU Pertama Maluku dan Malut Telah Hadir di Kota Ambon

Gubernur Sultra yang didampingi General Manager PLN Unut Indul Wilayah (UIW) Sulselrabar, Awaluddin Hafid mengucapkan terima kasih atas dukungan PLN selama ini.

Provinsi Sulawesi Tenggara sendiri merupakan salah satu penghasil sumber daya alam nikel terbesar di Indonesia, yang mana nikel menjadi bahan baku pembutan baterai untuk kendaraan listrik.

"Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, maka kita harus dukung penggunaan kendaraan listrik. Selain ramah lingkungan, kita juga membantu ketahanan energi nasional dengan pengurangan impor BBM," ungkap Gubernur Sultra Ali Mazi.

Ia juga menginstruksikan kepada seluruh elemen Pemprov Sultra, Pemerintah kota, dan Pemerintah kabupaten untuk menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional mereka.

SPKLU PLN diresmikan oleh Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara (Sulmapana), Adi Priyanto di enam lokasi berbeda di Indonesia Timur secara virtual.

Baca Juga: Dorong Penggunaan Kendaraan Terelektrifikasi Secara Masif, Kemenhub Gelar Touring Mobil Listrik

Pada saat yang bersamaan, Gubernur Sultra Ali Mazi dan GM PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid juga meresmikan langsung SPKLU PLN di Kota Kendari.

Hadir dalam acara ini adalah stakeholder PLN sekaligus pemilik Mobil Listrik, Walikota Kendari Sulkarnain Kadir dan Bupati Konawe Utara Ruksamin, yang turut meresmikan SPKLU PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Wuawua.

Dalam sambutannya, Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara PLN, Adi Priyanto menjelaskan percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) akan mendukung penurunan impor BBM dan mendukung ketahanan energi nasional.

"Ditargetkan di Indonesia pada tahun 2030 akan ada 2 juta mobil listrik, 13 juta unit motor listrik, dan 30 ribu SPKLU di Seluruh Indonesia," jelas adi Priyanto.

Di wilayah kerja PLN Regional Sulmapana sendiri, terdapat 10 SPKLU yang sudah beroperasi.

"Di 2022 kami menargetkan ada penambahan 14 unit SPKLU di wilayah kerja PLN Regional Sulmapana dan kami berharap dengan adanya infrastruktur SPKLU dapat mendukung percepatan era kendaraan listrik," tandas Adi Priyanto.

"Kami juga mengajak investor untuk berkolaborasi dalam program partnership SPKLU dengan model bisnis Sharing Economy," pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar