facebook

Tak Sekadar Variasi, Ini Fungsi Spoiler Mobil

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Tak Sekadar Variasi, Ini Fungsi Spoiler Mobil
Ilustrasi spoiler mobil (Unsplash/M Clement)

Bisa menjadi bagian dari aksi modifikasi sebagai benda aftermarket, namun bukan sekadar kosmetik.

Suara.com - Spoiler adalah salah satu komponen mobil yang menjadi bagian eksterior. Biasanya terpasang di berbagai mobil sport hingga tunggangan balap roda empat. Kemudian dalam perkembangannya banyak ditemukan di passenger car.

Ada yang memasang spoiler hanya demi mempercantik tampilan mobil, namun tidak sedikit yang memanfaatkan spoiler untuk mempermudah kendaraan dikendalikan.

Spoiler belakang New Mitsubishi Mirage varian Exceed. [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]
Spoiler di  New Mitsubishi Mirage varian Exceed. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]

Apakah sejatinya fungsi spoiler yang terpasang pada mobil?

Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Wuling Indonesia:

Baca Juga: Indonesia-Jepang Sepakat Perkuat Kerja Sama Industri Otomotif

Menjaga Keseimbangan Mobil

Spoiler berfungsi menambah gaya tekan ke bawah pada mobil, untuk mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi. Gaya angkat pada mobil ini mampu membuat kendaraan melayang dan tidak stabil saat melaju dalam kecepatan tinggi, sehingga menyebabkan pengemudi kehilangan kontrol.

Dengan demikian, saat mobil dipacu dalam kecepatan tinggi, kemungkinan mobil melayang akan berkurang karena peran spoiler yang terpasang di bagian belakang.

Sementara, mobil-mobil sport berperforma tinggi sekaligus mobil balap biasanya memasang spoiler untuk mendapatkan keuntungan aerodinamis karena bisa menambah kecepatan.

Sementara pemasangan spoiler pada mobil penumpang biasa ditujukan untuk faktor keamanan.

Baca Juga: Lahirkan Sampanye Nuansa Otomotif, Bugatti Gunakan Serat Karbon untuk Botolnya

Menangkal Debu dan Pasir

Bukan hanya untuk faktor keamanan saja, spoiler juga berfungsi untuk menangkal debu, pasir dan air hujan di kaca belakang akibat turbulensi udara.

Saat sedang berkendara di daerah yang banyak debu, berpasir atau sedang hujan deras, maka spoiler bekerja untuk menangkal semua benda yang menerpa kaca belakang mobil.

Terlepas dari fungsi ini, sebetulnya tak semua mobil yang dijual di Indonesia dipasangi spoiler. Akan tetapi pabrikan memasangkan spoiler langsung, agar para pemiliknya tak perlu kerepotan mencarinya ke tempat aksesori.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar