facebook

Biar Nggak Salah Paham, Yuk Kenali Lebih Jauh Asal Usul dan Pengertian Kei Car

Cesar Uji Tawakal
Biar Nggak Salah Paham, Yuk Kenali Lebih Jauh Asal Usul dan Pengertian Kei Car
G "White Accent VS SA III". [Daihatsu].

Kei Car adalah salah satu kategori mobil yang cukup populer belakangan ini. Simak asal-usul dan pengertiannya di bawah ini!

Suara.com - Istilah Kei Car menjadi populer belakangan ini, di tengah tren kendaraan dengan kapasitas mesin kecil dan hemat bahan bakar, namun tetap fungsional. Nah, agar mengetahuinya lebih jauh, kita simak penjelasan terkait asal mula dan pengertian Kei Car secara umum.

Mobil jenis ini memiliki sebutan populer sebagai mobil mini. Tak hanya karena dimensinya memang terkesan lebih kecil daripada mobil kebanyakan, namun  terkait fitur serta kapasitas mesin juga terbilang kecil. Meski demikian secara fungsional, mobil Kei tetap bisa diandalkan.

Pengertian Kei Car

Kei Car, atau dalam bahasa Jepang disebut dengan Keijidosha, adalah kategori kendaraan kecil di Jepang yang memiliki mesin berkapasitas di bawah 660 cc. Mobil mini ini sengaja dirancang sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat Jepang untuk kendaraan yang sesuai dengan aturan pajak serta asuransi pemerintah Jepang.

Baca Juga: Ini Penyebab Retak Halus Ban Mobil, Bahaya Jika Dibiarkan

Kei Car juga jadi jawaban atas kebutuhan masyarakat negara tersebut untuk tunggangan yang tidak memerlukan tempat parkir luas, sehingga pengurusan sertifikatnya lebih mudah.

Asal Mula Kemunculan Kei Car

Jika ditarik garis ke belakang, menuju masa lalu, mobil kategori ini pertama muncul pasca Perang Dunia II. Saat itu, kebanyakan masyarakat Jepang tak mampu membeli mobil berukuran normal, dan hanya mampu membeli sepeda motor saja.

Singkat cerita, pabrikan di Jepang kemudian memutar otak dan mulai memproduksi mobil dengan mesin berkapasitas kecil. Diawali dengan generasi awal di 300 cc, kemudian 550 cc, dan terakhir era 660 cc yang dimulai tahun 1990-an.

Pelaku pasar utama seperti Subaru, Honda, dan Daihatsu berlomba membuat mobil yang memiliki nilai fungsi serupa, namun dengan mesin yang lebih kecil dan bentuk yang praktis, sehingga menjangkau seluruh pasar Jepang saat itu.

Baca Juga: Hyundai Bakal Bangun Pabrik di Indonesia, Siap Produksi 250 Ribu Mobil per Tahun

Daihatsu TAFT dalam Tokyo Auto Salon 2020 [Dok Daihatsu Motor Co., Ltd].
Daihatsu TAFT dalam Tokyo Auto Salon 2020 [Dok Daihatsu Motor Co., Ltd].

Sudah Sampai ke Indonesia

Saat ini Kei Car sendiri sudah sampai di pasar Indonesia. Misalnya seperti Daihatsu Copen, Daihatsu Move, hingag Suzuki Wagon-R. namun demikian kapasitas mesin yang dimiliki mobil Kei di Indonesia ini disesuaikan dengan regulasi yang berlaku, sehingga sedikit berbeda dengan versi aslinya yang beredar di pasar Jepang.

Itu tadi sedikit bahasan mengenai asal mula dan pengertian Kei Car. Semoga informasi ini bisa jadi informasi yang berguna untuk Anda, dan selamat menjalankan aktivitas Anda selanjutnya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar