facebook

Bentuk Kampanye KBLBB, Hadir SPKLU Kedua untuk Sumatera Utara

RR Ukirsari Manggalani
Bentuk Kampanye KBLBB, Hadir SPKLU Kedua untuk Sumatera Utara
Ilustrasi pengisian baterai mobil listrik di sebuah SPKLU PLN (ANTARA/HO-PLN)

UIW Sumatera Utara meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik umum (SPKLU) kedua di Sumatera Utara.

Suara.com - Sebagai salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang ketenagalistrikan, Perusahaan Listrik Negara atau PLN terus bergerak memberikan dukungan dalam memasifkan kendaraan listrik di Kota Medan sebagai kota metropolitan ketiga di Indonesia.

Dikutip dari kantor berita Antara, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik umum (SPKLU) kedua di Provinsi Sumatera Utara yang berlokasi di City View Polonia Medan.

General Manajer PLN UIW Sumatera Utara Pandapotan Manurung meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik umum (SPKLU) kedua yang berlokasai di City View Polonia Medan. (ANTARA/HO)
General Manajer PLN UIW Sumatera Utara Pandapotan Manurung meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik umum (SPKLU) kedua yang berlokasai di City View Polonia Medan. (ANTARA/HO)

"SPKLU ini sebagai bentuk kampanye penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dalam mendukung pengurangan impor BBM dan meningkatkan ketahanan energi di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara," jelas Pandapotan Manurung, General Manajer PLN UIW Sumut, Pandapotan Manurung, dalam sambutannya ketika meresmikan SPKLU, Minggu (23/1/2022).

Ia berharap, semakin banyaknya kehadiran SPKLU di Sumut bisa mendukung dan mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air dan mendukung pengusaha penyedia kendaraan listrik.

Baca Juga: Polestar 2, Mobil Listrik Swedia Resmi Melantai di Korea

"Proyeksi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam Grand Strategi Energi Nasional, di 2030 jumlah listrik ditargetkan sekitar dua juta unit dan motor listrik sekitar 13 juta unit," tambah Pandapotan Manurung.

Ia menjelaskan, SPKLU yang dioperasikan ini memiliki fasilitas fast charging, sehingga pengguna dapat pengguna dapat melakukan pengisian daya kendaraan listrik relatif lebih cepat.

Untuk pengisian daya mobil listrik hanya membutuhkan waktu kurang dari tuga jam untuk mencapai 100 persen.

Pengguna SPKLU bisa melakukan pengisian melalui aplikasi PLN Mobile yang telah terintegrasi pada aplikasi Charge.in.

"Saat ini terdapat dua unit SPKLU yang telah beroperasi di Kota Medan dan sekitarnya.Kedepannya akan kami bangun SPKLU lainnya di lokasi objek wisata dan lokasi strategis lainnya di wilayah kerja PLN UIW Sumut," pungkas Pandapotan Manurung.

Baca Juga: Apple Mendekat ke Korea Selatan untuk Kembangkan Baterai Mobil Listrik

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar