facebook

Biar Tak Telat Antisipasi, Kenali 3 Penyebab Vampir Oli Yamaha NMAX Biar Tunggangan Makin Awet

Cesar Uji Tawakal
Biar Tak Telat Antisipasi, Kenali 3 Penyebab Vampir Oli Yamaha NMAX Biar Tunggangan Makin Awet
Yamaha NMax 155 Connected ABS [PT YIMM].

Yamaha NMAX salah satu skutik tanah air yang diminati para biker. Hanya saja, salah satu kendala teknis yang banyak diidentikan dengan NMAX adalah vampir oli. Apa sebabnya?

Suara.com - Yamaha NMAX salah satu skutik tanah air yang diminati para biker. Pada awal kemunculannya, motor bongsor ini pun ini pun sukses jadi trendsetter. Hanya saja, NMAX kerap diidentikkan dengan 'penyakit' vampir oli. Lantas, apa penyebab vampir oli Yamaha NMAX?

Diketahui, vampir oli ini adalah mengurangnya kapasitas oli mesin yang ada di interval saat penggatian oli mesin. Disebut vampir karena berkurangnya oli seperti darah manusia yang dihisap oleh vampir. Itulah mengapa muncul istilah vampir oli pada Yamaha NMAX.

Lantas, apa penyebab vampir oli Yamaha NMAX? Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini ulasannya.

Yamaha NMax 125 yang telah mengalami pembaruan dibandingkan edisi terdahulu [Yamaha]
Yamaha NMax 125 yang telah mengalami pembaruan dibandingkan edisi terdahulu [Yamaha]

1. Oli yang Digunakan Tidak Sesuai

Baca Juga: Modifikasi Sederhana yang Populer untuk Dongkrak Performa Mesin, Yuk Kenali Apa Itu Porting Polish

Setiap mesin kendaraan (motor atau mobil), mempunyai spesifikasi oli yang perlu dipenuhi. Terjadinya vampir oli ini salah satu penyebabkanya bisa jadi karena oli yang digunakan tidak sesuai. Biasanya, oli yang digunakan titik uapnya lebih kecil yang membuat oli cepat berkurang saat motor dioperasikan.

2. Terjadi Kebocoran

Terjadinya kebocoran pada oli mesin juga jadi salah satu penyebab vampir oli pada motor. Hal ini biasanya ditandai dengan munculnya asap putih yang keluar dari knalpot. Ini juga bisa jadi penyebab oli ikut terbakar di dalam pembakaran mesin. Jika sudah begini, sebaiknya bawa service motor Anda di bengkel.

3. Mesin Kotor

Penyebab berikutnya NMAX vampir oli yakni mesin kotoe atau adanya tumpukan kotoran di bagian CVT. Biasanya hal ini terjadi karena motor  jarang diservis yang membuat kotoran jadi menumpuk dan robeknya sil kruk as. Jika sudah terjadi seperti ini, sebaiknya segera service motor Anda di bengkel.

Baca Juga: Biar Makin Paham, Ini Perbedaan Stroke Up dan Bore Up

Solusi Agar Tidak Vampir Oli

Setelah mengetahui penyebabnya, penting juga untuk mengetahui solusi agar NMAX tidak vampir oli. Adapun solusinya yaitu dengan menggunakan oli yang tepat dari bengkel resmi Yamaha. Setelah itu, Anda bisa mengganti oli motor sesuai jadwal. Jangan lupa agar motor selalu diservice secara rutin.

Demikian informasi mengenai penyebab vampir oli Yamaha NMAX yang perlu diketahui agar bisa segera diperbaiki dengan cepat. Setelah mengetahui penyebabnya, pastikan untuk menghindarinya agar motor NMAX Anda tidak terjadi vampir oli.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar