facebook

NgabubuTips: Cara Aman Parkir Mobil Matik Tanpa Rusak Transmisi Otomotis

Yasinta Rahmawati | Gagah Radhitya Widiaseno
NgabubuTips: Cara Aman Parkir Mobil Matik Tanpa Rusak Transmisi Otomotis
Ilustrasi tempat parkir mobil. [Shutterstock]

Begini cara yang tepat dan aman parkir mobil matik agar tidak mudah rusak transmisi otomatis.

Suara.com - Mobil matik saat ini menjadi salah satu pilihan buat para pemobil karena pengoperasiannya yang simpel. Apalagi ketika menjumpai kemacetan, mobil matik layak untuk dilirik.

Namun buat yang sudah memiliki mobil matik, kalian harus tahu bagaimana cara parkir yang tepat agar transmisi tidak cepat rusak.

Kerusakan transmisi memang tidak langsung terasa, tetapi jika cara parkir asal-asalan, maka kerusakan bisa timbul kapan saja.

Seperti diketahui pengoperasian mobil matik dan manual terlihat berbeda.Hal ini membuat cara parkir keduanya pun berbeda. Mobil transmisi otomatis persnelingnya lebih sederhana dibandingkan mobil transmisi manual.

Baca Juga: NgabubuTips: Jangan Keseringan Matikan Mesin Motor Matik dengan Standar Samping, Ini Dampak Buruknya

Persneling mobil matik hanya terdiri dari P, R, N dan D. Sementara huruf R, N, D pada transmisi otomatis ditunjukkan dengan angka 1 - 5 di persneling mobil manual. Jadi, yang membedakan hanyalah persneling P yang tidak ada pada mobil manual.

Ilustrasi Tuas Persneling Mobil
Ilustrasi Tuas Persneling Mobil

Lalu bagaimana sih cara parkir mobil matik yang aman agar transmisi tidak mudah rusak. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan seperti dilansir dari Daihatsu Indonesia.

1. Parkir di Tempat yang Aman

Pastikan memarkirkan mobil matik di tempat yang tidak menurun maupun menanjak. Jika dipaksakan di tempat tersebut, dikhawatirkan mobil mundur atau meluncur ke bawah.

2. Pastikan Kemudi Lurus

Baca Juga: NgabubuTips: Kenali Penyebab Pintu Mobil yang Tak Bisa Dibuka, Pemula Wajib Tahu

Setelah merasa parkir di tempat aman, pastikan kemudi lurus agar tidak terjadi ketidakseimbangan mobil yang membebankan salah satu komponen.

Posisi ban mobil lurus juga bertujuan untuk menghemat ruang parkir yang tersedia.

3. Posisikan Tuas ke N dan Tarik Handbrake

Agar mobil tidak bergerak saat parkir, kalian perlu posisikan tuas ke N (Netral) terlebih dahulu. Setelah di posisi N, tariklah rem parkir (handbrake) agar roda penggerak mobil terkunci.

Dalam posisi N ini, mekanikal girboks sepenuhnya disengage sehingga tidak ada yang bergerak atau mencengkram.

4. Posisikan Tuas ke P

Setelah handbrake diaktifkan, kalian harus menggeser tuas transmisi ke posisi P (parking) sembari menginjak pedal rem.

Pada saat tuas digeser ke P, tuas melewati posisi R (reserve) di mana girboks akan bergerak mundur, namun karena handbrake diaktifkan dan rem diinjak, maka roda penggerak tidak bisa bergerak.

Mungkin tak sedikit pemobil yang penasaran, mengapa harus posisikan transmisi di P bukan di N?

Pasalnya, jika transmisi tuas berada di P, output shaft yang terhubung dengan as kopel bisa terkunci, sehingga akan jauh lebih aman.

Posisi N hanya dilakukan ketika kondisi mesin mobil masih hidup, sedangkan ketika parkir, transmisi harus tetap berada di P. Contohnya saat berhenti di lampu merah, Sahabat diperbolehkan menggeser ke posisi N.

Komentar