facebook

Nissan Akan Hidupkan Kembali Datsun Sebagai Merek Kendaraan Listrik

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Nissan Akan Hidupkan Kembali Datsun Sebagai Merek Kendaraan Listrik
Datsun Redi-GO [Suara.com/Kurniawan Mas'ud]

Produksi Datsun redi-GO telah dihentikan di pabrik Chennai (Renault Nissan Automotive India).

Suara.com - Tidak lama setelah Nissan mengumumkan akan menghentikan merek Datsun di India, muncul informasi yang menunjukkan bahwa merek tersebut akan dihidupkan kembali.

Seorang sumber dari Nissan mengatakan bahwa merek Datsun akan digunakan untuk memasarkan kendaraan listrik di sejumlah negara berkembang.

Mengutip Hindustan Times, saat ini belum ada keterangan resmi kapan Datsun akan kembali. Namun visi Nissan yang berfokus pada kendaraan listrik bisa menjadi indikasi untuk tetap mempertahankan nama Datsun demi menyasar kendaraan listrik murah.

Logo baru Nissan dengan konsep bagian dari alam serta semangat baru [Nissan].
Logo baru Nissan dengan konsep bagian dari alam serta strategi produksi dan pemasaran [Nissan].

Sebelumnya, pabrikan otomotif asal Jepang, Nissan menyatakan akan menghentikan operasional Datsun di India yang hanya berusia sembilan tahun sejak merek itu dihidupkan kembali di India pada 2013.

Baca Juga: Nissan Siapkan Mobil Listrik Berperforma Tinggi Lewat Divisi Nismo

Penghentian operasional merek Datsun di India bukanlah hal yang mengejutkan, sebab Nissan sebagai induk perusahaan Datsun telah menutup operasional Datsun di Rusia dan Indonesia pada 2020.

"Produksi Datsun redi-GO telah dihentikan di pabrik Chennai (Renault Nissan Automotive India). Penjualan model lain masih berlanjut (sampai stok habis)," demikian pernyataan Nissan India.

Penghentian merek Datsun merupakan bagian dari strategi transformasi global Nissan yang diumumkan pada 2020.

Di bawah rencana transformasi global itu, Nissan menyatakan Datsun keluar dari Rusia dan merampingkan operasi di beberapa pasar di kawasan ASEAN, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Demi Anak-Istri, Lelaki Ini Cuci Muka Setiap 20 Km Sekali dan Tembus Kemacetan Tol Cikampek

Komentar