facebook

Thailand Wajibkan Penggunaan Jok Mobil Khusus Anak untuk Alasan Keselamatan

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Thailand Wajibkan Penggunaan Jok Mobil Khusus Anak untuk Alasan Keselamatan
Jok khusus bayi atau anak dilengkapi booster cushion serta seatbelt tiga titik. Bila anak telah mencapai tinggi rata-rata dewasa maka menggunakan seatbelt mobil [Shutterstock].

Adanya jok bayi atau kursi khusus anak dilengkapi booster cushion membuat posisi mereka bisa sejajar penumpang dewasa, berpotensi lebih besar untuk ditolong.

Suara.com - Thailand mewajibkan penggunaan kursi mobil khusus anak sebagai bagian dari amandemen Undang-Undang Lalu Lintas Jalan 1979.

Dengan demikian, setiap pengguna mobil yang membawa anak di bawah umur saat berkendara, wajib menggunakan kursi khusus anak atau baby car seat.

Wakil Ketua komite DPR, Nikorn Chamnog mengatakan, undang-undang kursi anak memungkinkan penggunaan bantal kursi atau booster cushion agar posisi anak lebih aman saat berada dalam mobil.

"Anak-anak akan duduk cukup tinggi sehingga bisa diamankan secara efektif menggunakan sabuk pengaman bawaan mobil," kata Nikorn Chamnog, dikutip dari Bangkok Post.

Baca Juga: Terjun ke Bisnis Mobil Listrik, Samsung Lebih Memilih Menjadi Pemasok Komponen

Ilustrasi sabuk pengaman. (Pixabay/cfarnsworth)
Ilustrasi sabuk pengaman dewasa. Bila digunakan pada anak, jok bayi atau jok anak akan dihubungkan pada seatblet ini sehingga menjadi rangkaian keseluruhan (Pixabay/cfarnsworth)

Sebagai Ketua Jaringan Regional Asia-Pasifik Keamanan Jalan dari WHO, Nikorn Chamnog juga mengungkapkan, komite telah mempelajari peraturan kursi anak di Malaysia dan Filipina.

Ditemui sedikit kendala karena harga kursi khusus anak terbilang mahal.

Dia menambahkan, pada tahap awal Polisi mungkin hanya mengeluarkan peringatan sebelum nantinya akan diberikan sanksi bagi yang melanggar.

"Karena pengendara akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri," ungkap Nikorn Chamnog.

Terakhir, Nikorn Chamnog juga menyarankan pemerintah untuk meluncurkan kampanye untuk mengedukasi masyarakat dan mempertimbangkan untuk menurunkan pajak impor untuk kursi anak sambil mempromosikan produk lokal.

Baca Juga: Resmi Meluncur, All-New Subaru Forester Generasi Kelima Segera Berkiprah di Indonesia

Rencananya Undang-undang baru untuk penggunaan kursi khusus anak akan mulai berlaku pada 5 September 2022 di Negeri Gajah Putih.

Komentar