facebook

Ukraina Kerahkan Motor Listrik ke Medan Peperangan, Ini Wujud dan Keunggulannya

Cesar Uji Tawakal
Ukraina Kerahkan Motor Listrik ke Medan Peperangan, Ini Wujud dan Keunggulannya
Motor tempur listrik yang dipakai pasukan Ukraina. (Rideapart)

Ada sebab khusus kenapa motor jenis ini lebih ampuh dibanding motor berbahan bakar minyak. Apa itu?

Suara.com - Perang masih berkecamuk di Ukraina, taktik dan penggunaan mesin modern sedang marak, termasuk oleh pasukan negara tersebut.

Yang terbaru, dilansir dari Rideapart, kendaraan listrik ringan pun mulai dikerahkan oleh armada tempur negara Ukraina.

Salah satu kendaraan listrik ringan ini berwujud motor elektrik. Motor jenis ini dipilih lantaran suaranya yang senyap, memungkinkan pasukan sulit dideteksi saat pindah-pindah lokasi.

Berbeda dengan mesin pembakaran internal cukup berisik dan dapat didengar dari jauh. Sehingga mesin jenis ini ditepikan demi menghindari deteksi bisa berakibat fatal bagi tentara di lapangan.

Baca Juga: Hitam Mengilap Semulus Grand Piano, Rolls-Royce Black Badge Ghost Segera Tiba di Indonesia?

Di situlah motor listrik ELEEK dan Delfast ini masuk. Kendaraan roda dua ini nyaris tanpa suara, kecuali yang timbul dari kebisingan roda dan ban.

Bahkan saat digunakan dengan kecepatan tinggi, motor ini tetap lebih sulit dideteksi dibandingkan dengan sepeda motor bertenaga bahan bakar minyak tradisional.

Motor tempur listrik yang dipakai pasukan Ukraina. (Rideapart)
Motor tempur listrik yang dipakai pasukan Ukraina. (Rideapart)

Armada motor ini didapat berkat Vadym Ignatov, Wakil Ketua Asosiasi Peserta Pasar Kendaraan Listrik Ukraina.

Sebelumnya pada bulan Mei, ia menulis tentang penyerahan sepeda listrik ELEEK Atom kepada angkatan bersenjata Ukraina, mencatat bahwa militer sebelumnya telah mengevaluasi kendaraan dan memberikan umpan balik mengenai kinerja mereka di medan perang.

Mezha Media, menerbitkan pernyataan Vadym dalam sebuah artikel. Dia menyatakan, "Kami memperhitungkan semua keinginan para pejuang kami, yang ditemukan selama penggunaan tempur unit pertama. Dan yang paling penting, adanya penambahan fitur yang sangat penting  berupa tambahan output 220 V, yang akan memungkinkan penggunaan pengisi daya standar. Setelah pengujian dalam kondisi pertempuran nyata, pejuang pasukan khusus menilai manfaat sepeda listrik dan kebutuhan mereka akan meningkat."

Baca Juga: Aksi Bocil Kelas 1 SD Angkat Motor Jadi Tontonan Temannya, Warganet Pertanyakan Orangtua Bocah

ELEEK bukan satu-satunya merek yang bergabung dalam keributan itu, karena Delfast juga telah menerjunkan sepeda untuk membantu angkatan bersenjata Ukraina.

Danylo Tonkopiy, pendiri dan CEO merek tersebut menyatakan: "Kami memindahkan sepeda listrik ke garis depan pada minggu-minggu pertama perang, tetapi kami tidak membicarakannya, kami melakukan beberapa hal dengan tenang. Sekarang kami telah menerima izin dari komando dan mempublikasikan foto di mana dan apa untuk sepeda kami digunakan," dalam laporan Mezha Media.

Motor ini tidak hanya dilengkapi dengan cat visibilitas rendah, tetapi ada juga Next Generation Light Anti-Armour Weapons (NLAW) yang meningkatkan kemampuan bertarung sepeda ini.

Electrek menjelaskan secara rinci tentang senjata-senjata ini dan kemampuan mereka untuk memberi seorang prajurit kaki kekuatan untuk menghancurkan tank musuh.

Komentar