facebook

Ini Tiga Unsur yang Pengaruhi Desain Honda HR-V

Liberty Jemadu
Ini Tiga Unsur yang Pengaruhi Desain Honda HR-V
Dua buah Honda HR-V diparkir di Sirkuit Mandalika, Mataram, NTB pada Mei 2022. [Antara]

Ada tiga unsur yang digabungkan dalam Honda HR-V, yakni kepercayaan diri, estetika dan kenyamanan.

Suara.com - Proses merancang konsep desain baru All New Honda HR-V disesuaikan dengan kebutuhan gaya hidup konsumen, kata Large Project Leader of All-new Honda HR-V Honda Motor Co., Ltd., Automobile Operations, Monozukuri Center, Yoshitomo Ihashi.

"Kami memikirkan desainnya sejak lama, melihat konsumen semakin ke sini lebih suka desain seperti apa," kata Ihashi secara virtual di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Senin (23/5/2022)

Ia menuturkan, keluaran terbaru Honda ini mengusung konsep Amp Up Your Life yang diharap bisa membantu gaya hidup konsumen dalam beraktivitas, menemani orang-orang bepergian ke berbagai tempat sesuai kebutuhan mereka.

Desainnya berbeda dari keluaran terdahulu, katanya, tapi tetap dibuat dengan memikirkan apa yang konsumen butuhkan.

Baca Juga: Alasan Panoramic Sunroof Honda HR-V Masih Dioperasikan Manual

Ia menjelaskan, ada tiga unsur yang digabungkan dalam konsep mobil tersebut, yakni kepercayaan diri, estetika dan kenyamanan.

Unsur kepercayaan diri menggambarkan mobil ini punya kekuatan seperti mobil SUV yang mudah dikendarai dan punya visibilitas baik. Sementara sisi estetik menggambarkan mobil yang punya daya tarik, bentuk proporsi halus serta elegan. Unsur kenyamanan menggambarkan mobil yang punya ruang nyaman untuk semua penumpang serta ruang kargo praktis.

Dari sisi desain eksterior, bagian tengah garis sabuk terintegrasi di depan dan di belakang untuk menciptakan desain horizontal yang menekankan arah memanjang serta menampilkan siluet bentuk kabin yang ramping dan panjang. Pilihan ini diambil untuk memperlihatkan proporsi indah layaknya sebuah mobil coupe dan kabin yang lebih hidup.

Pada bagian depan, terlihat gril terintegrasi yang khas dimana menyatu dengan bodi, pada saat yang bersamaan juga memberikan tampilan yang lebih menonjol. Bagian belakang mobil memiliki bentuk tiga dimensi yang menyelaraskan fungsionalitas, seperti visibilitas lampu serta pintu bagasi, dengan tampilan lebih indah.

Sementara itu, dari sisi interior ruang kabinnya sedikit berbeda dari sebelumnya karena panjang mobil ditambah agar ruang kaki dan lutut di kabin penumpang belakang bertambah 35 milimeter. Penambahan panjang mobil ini disebut membuat pengalaman berkendara menjadi lebih stabil.

Baca Juga: Inden HR-V Sampai September, Honda Yakin Konsumen Tak Berpaling

Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) Kotaro Shimizu menambahkan, HR-V adalah produk istimewa yang sukses dan banyak digemari oleh konsumen. Selain desain yang menarik mobil ini juga penuh gaya dan bertenaga. [Antara]

Komentar