facebook

Perhatikan Fuel Dilution yang Membuat Fungsi Pelumas Sepeda Motor Menurun

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Perhatikan Fuel Dilution yang Membuat Fungsi Pelumas Sepeda Motor Menurun
Ilustrasi pelumas sepeda motor [Shutterstock].

Inilah dampak negatif dari penggunaan bahan bakar oktan tinggi di mesin sepeda motor.

Suara.com - Bahan bakar dengan jenis oktan tinggi disebut-sebut mampu membuat komponen kendaraan berumur panjang. Performa mesin akan lebih terjaga dan jarak tempuh pun jadi lebih jauh karena pembakaran mesin motor yang lebih sempurna.

Selain itu, BBM beroktan tinggi juga membuat performa mesin lebih enteng karena tidak terjadi kerak sisa pembakaran.

Namun demikian, penggunaan bahan bakar dengan oktan tinggi bisa memberikan dampak negatif terhadap sepeda motor dengan rasio kompresi rendah. Demikian dikutip dari Wahana Honda.

Deretan pelumas dari pelbagai merek. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Deretan produk pelumas mesin sepeda motor. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Sebab sepeda motor dengan rasio kompresi mesin rendah bakal mengeluarkan efek samping negatif jika dipaksa minum bensin oktan tinggi.

Baca Juga: Tips Lakukan Pengereman Motor Matik Saat Melewati Turunan Tajam

Bensin dengan nilai oktan yang tinggi akan semakin sulit untuk terbakar. Maka dibutuhkan rasio kompresi mesin yang tinggi pula agar bisa membakar bensin dengan oktan tinggi.

Jika bensin memiliki oktan terlalu tinggi dan kompresi mesin rendah, mesin tidak mampu membakar semua bensin sehingga terjadi kondisi bahan bakar masih tersisa. Dengan kata lain, proses pembakaran di ruang bakar menjadi tidak sempurna.

Kondisi tidak sempurnanya proses pembakaran ini membuat performa motor menurun dan konsumsi bensin jadi lebih boros. Sisa-sisa bensin yang tidak terbakar juga bisa mencemari komponen mesin lainnya.

Hal paling ditakutkan ketika sisa-sisa bensin ini menyelinap melalui dinding liner dan masuk ke dalam bak oli atau bak pelumas. Sisa-sisa bensin yang tidak terbakar itu kemudian mencampuri oli mesin atau terjadi kondisi fuel dilution.

Baca Juga: Michele Colaninno Terpilih Jadi Presiden Asosiasi Industri Sepeda Motor Eropa, ANCMA Mendukung Penuh

Fuel dilution ini membuat fungsi oli mesin jadi menurun, terutama fungsi oli mesin untuk meminimalkan gesekan antarkomponen di dalam mesin.

Salah satu ciri oli mesin motor mengalami fuel dilution adalah terciumnya aroma bensin pada oli mesin. Jika oli mesin sudah mengalami fuel dilution dan dibiarkan, efeknya bakal merusak komponen mesin. Segera lakukan penggantian jika oli mesin terindikasi mengalami fuel dilution.

Komentar