Bila Dek Sepeda Motor Tampak Usang, Saatnya Teteskan Minyak Kayu Putih atau Buka Botol Minyak Goreng

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Bila Dek Sepeda Motor Tampak Usang, Saatnya Teteskan Minyak Kayu Putih atau Buka Botol Minyak Goreng
Ilustrasi minyak goreng (Freepik)

Berbagai minyak di kotak obat dan dapur rumah tangga ini memiliki peran fungsional untuk motor kesayangan.

Suara.com - Bagian bodi motor seperti spakbor depan dan belakang, serta dek motor merupakan bagian yang cepat kusam. Hal ini tentu saja membuat tampilan motor jadi kurang menarik.

Ada beberapa cara untuk menghitamkan kembali bagian dek motor yang sudah kusam dan pudar. Yang pertama tentu saja menggunakan cairan sesuai peruntukannya. Akan tetapi, dari kotak obat sampai benda di dapur juga bisa.

Berikut dirangkum dari beberapa sumber, cara untuk mengatasi dek motor yang mulai kusam:

Menggunakan Semir Sepatu

Baca Juga: Minyak Goreng Kembali Langka di Sulawesi Selatan, Harga Melonjak

Mencegah virus dapat dilakukan dengan membersihkan dengan menggunakan cairan disinfektan
Cairan semir sepatu. Sebagai ilustrasi [Freepik]

Cara menghitamkan dek motor menggunakan semir sepatu adalah cuci bersih terlebih dahulu bodi motor yang hendak dihitamkan sampai kering.

Kemudian, oleskan semir sepatu ke bodi motor secara perlahan dan merata. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel agar mendapat hasil yang maksimal.

Menggunakan Minyak Goreng

Sebelum pengaplikasiannya, jangan lupa untuk mencuci bersih motor terlebih dahulu.

Minyak goreng yang digunakan yaitu minyak goreng baru, jangan menggunakan minyak goreng sisa. Oleskan minyak di kain halus, kemudian aplikasikan pada bodi motor. Usahakan mengoleskan secara merata agar hasil lebih maksimal.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Minyakita Naik di Sejumlah Daerah, Mendag Jadi Nombok Gak Nih?

Menggunakan Minyak Kayu Putih

Cuci bersih bagian bodi motor yang hendak dihitamkan, hingga kering.

Kemudian, oleskan minyak kayu putih pada bagian bodi motor dengan menggosok perlahan pakai kain lembut.

Ilustrasi minyak kayu putih (istockphoto.com)
Ilustrasi minyak kayu putih (istockphoto.com)

Dalam minyak kayu putih terdapat kandungan yang bisa mengangkat kotoran pada bodi motor serta membuat kinclong kembali warna cat motor. Selain minyak kayu putih, juga bisa memilih baby oil.

Olesi Beeswax

Beeswax yaitu salah satu produk perawatan kulit. Juga bisa digunakan untuk merawat bodi motor. Dijamin, motor akan mengilap. Dan catnya yang sudah kusam menjadi cerah kembali.

Beeswax atau lilin lebah yang di masa purba dijadikan stensil pembentuk gambar pada seni cadas atau rock art. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Beeswax atau lilin lebah yang di masa purba dijadikan stensil pembentuk gambar pada seni cadas atau rock art. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Cara penggunaannya pun cukup mudah, oleskan beeswax ke bodi motor dengan menggosok memakai kain halus. Lakukan secara merata untuk hasil yang maksimal.

Gunakan Cairan Penghitam Bodi Motor

Cairan khusus penghitam bodi motor ini tersedia dalam beberapa merek, bebas memilih yang mana. Penggunaannya tetap sama, yaitu oleskan secara perlahan menggunakan kain halus. Jangan menggunakan kain kasar yang dapat merusak bodi motor.

Ada juga cairan penghitam yang didesain dengan cara disemprot. Cukup semprotkan cairan ke bagian bodi motor yang akan dihitamkan.

Menggunakan Cairan Trim Restorer

Cairan ini adalah pigmen penghitam khusus untuk plastik. Memiliki tekstur yang lebih pekat dan lebih hitam daripada semir sepatu.

Cairan ini banyak dijual di toko online khusus aksesoris motor. Pengaplikasiannya juga sama dengan semir sepatu, cukup dengan mengoleskannya secara perlahan dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel.