Raih Juara Superpole di WSBK Mandalika 2023, Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli Catat Sejarah buat Yamaha

RR Ukirsari Manggalani
Raih Juara Superpole di WSBK Mandalika 2023, Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli Catat Sejarah buat Yamaha
Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli menang Superpole posisi pertama dan kedua, menghasilkan double podium Pata Yamaha Prometeon WorldSBK sekaligus cetak rekor untuk Yamaha [Yamaha Indonesia].

Toprak dan Loka menorehkan catatan waktu seru, perdana bagi Yamaha untuk 13 tahun terakhir.

Suara.com - Race 1 FIM MOTUL World Superbike 2023 seri Mandalika, atau WSBK Mandalika 2023 memiliki kesan tersendiri bagi dua rider Pata Yamaha Prometeon WorldSBK. Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli mencetak sejarah bagi Yamaha setelah menang Superpole juara satu dan juara dua hari pertama balapan (4/3/2023).

Dikutip dari rilis resmi Yamaha Indonesia sebagaimana diterima Suara.com, Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli meraih double podium dua dan tiga Race 1 di Mandalika. Sebelumnya, mencetak Superpole posisi satu dan dua. Inilah mencapaian Superpole terbaik di WSBK bagi tim Yamaha kurun mendekati 13 tahun.

Sekaligus menjadi hasil Superpole terbaik Andrea Locatelli yang biasa disapa Loka, serta Toprak Razgatlioglu. Yaitu mencetak hat-trick posisi terdepan di salah satu sirkuit favoritnya, Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ia tidak terkalahkan dalam single lap time sejak sirkuit ini dibuka pada 2021.

Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli bersama kru Pata Yamaha Prometeon WorldSBK di Sirkuit Mandalika 2023 [Yamaha Indonesia].
Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli bersama kru Pata Yamaha Prometeon WorldSBK di Sirkuit Mandalika 2023 [Yamaha Indonesia].

"Balapan di WSBK Mandalika 2023 sangat sulit, apalagi putaran ban depan terganggu. Mesti berjuang di semua tikungan. Berkali-kali saya hampir terjatuh. Alvaro Bautista (juara WSBK Mandalika 2023) pakai ban yang lebih soft tapi terlihat baru," kata Toprak Razgatlioglu.

Baca Juga: Andrea Locatelli Perpanjang Kontrak dengan Yamaha sampai Musim WSBK 2025

Sementara Loka atau Andrea Locatelli menyatakan tim sudah siap dan bekerja sangat baik. Hanya, mereka tidak tahu ritme rider lainnya.

"Sehingga balapan berlangsung ketat. Pada akhirnya saya hanya perlu mencoba, memperbaiki dan memulihkan jarak ke depan, juga harus mencoba lebih cepat di awal dengan lebih baik," tandas Loka.

Hasil akhirnya, Toprak Razgatlioglu bersaing ketat dengan Alvaro Bautista di Race 1 dan Race 2, konsisten membukukan podium kedua kurun dua hari balapan. Sementara Andrea Locatelli berlaga dengan ritme seru, mirip penampilannya saat bertarung di WSBK seri Australia 2023. Termasuk menunjukkan overtake menawan atas Axel Bassani (Motocorsa) di Race 1 yang membawanya naik podium ketiga. Sayangnya, di Race 2 ia bertengger di posisi kelima.