Hukum Menikahi Sepupu Sendiri Menurut Islam

Hukum Menikahi Sepupu Sendiri Menurut Islam

Apakah boleh mencintai saudara sendiri? Apakah boleh menikahi sepupu atau anak paman sendiri?

Lebaran identik dengan kegiatan bersilaturahim. Baik dengan saudara maupun sahabat. Dari momen silaturahim ini terkadang tumbuh benih-benih cinta. Bahkan terhadap orang yang masih ada hubungan saudara. Sepupu misalnya.

Jika ternyata orang yang dicintai adalah masih saudara, hal ini akan memunculkan pertanyaan dalam benak anak muda. Apakah boleh mencintai saudara sendiri? Apakah boleh menikahi sepupu atau anak paman sendiri?

Islam mengajarkan konsep mahram. Yaitu sejumlah orang yang tak boleh dikawini karena adanya hubungan kekerabatan tertentu. Konsep semacam ini bersumber dari ajaran Al-Quran yang termuat dalam ayat berikut:

}حُرِّمَتْ عَلَيْكُمْ أُمَّهَاتُكُمْ وَبَنَاتُكُمْ وَأَخَوَاتُكُمْ وَعَمَّاتُكُمْ وَخَالَاتُكُمْ وَبَنَاتُ الْأَخِ وَبَنَاتُ الْأُخْتِ وَأُمَّهَاتُكُمُ اللَّاتِي أَرْضَعْنَكُمْ وَأَخَوَاتُكُمْ مِنَ الرَّضَاعَةِ وَأُمَّهَاتُ نِسَائِكُمْ وَرَبَائِبُكُمُ اللَّاتِي فِي حُجُورِكُمْ مِنْ نِسَائِكُمُ اللَّاتِي دَخَلْتُمْ بِهِنَّ فَإِنْ لَمْ تَكُونُوا دَخَلْتُمْ بِهِنَّ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ وَحَلَائِلُ أَبْنَائِكُمُ الَّذِينَ مِنْ أَصْلَابِكُمْ وَأَنْ تَجْمَعُوا بَيْنَ الْأُخْتَيْنِ إِلَّا مَا قَدْ سَلَفَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ غَفُورًا رَحِيمًا} [النساء: [23

Terkini

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS