facebook

Studi: Vaksin COVID-19 Tidak Mempengaruhi Kesuburan Wanita atau Pria

Studi: Vaksin COVID-19 Tidak Mempengaruhi Kesuburan Wanita atau Pria

KLIKPOSITIF - Sebuah studi baru menambah bukti yang berkembang bahwa vaksin COVID-19 aman untuk orang hamil dan orang yang berharap untuk hamil.

Penelitian, yang mengamati lebih dari 2.000 pasangan di Amerika Serikat dan Kanada, menemukan "tidak ada hubungan yang merugikan" antara mendapatkan vaksinasi terhadap COVID-19 dan kesuburan, baik untuk pria maupun wanita.

Di sisi lain, pria yang tertular COVID-19 mungkin mengalami penurunan kesuburan sementara. Pasangan yang memiliki pasangan pria yang dites positif COVID-19 dalam waktu 60 hari dari siklus menstruasi pasangannya, 18% lebih kecil kemungkinannya untuk hamil dalam siklus itu, menurut penelitian yang diterbitkan pada 20 Januari di American Journal of Epidemiology .

"Temuan ini memberikan kepastian bahwa vaksinasi untuk pasangan yang mencari kehamilan tampaknya tidak mengganggu kesuburan," kata Dr. Diana Bianchi, direktur Institut Kesehatan Nasional Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development, yang mendanai penelitian tersebut .

Terkini