alexametrics

Rincian Biaya Tes Laboratorium Ibu Hamil dan Rinciannya

Rincian Biaya Tes Laboratorium Ibu Hamil dan Rinciannya

Saat mengandung, calon mama perlu menjalani beberapa tes kehamilan yang biasanya dilakukan di laboratorium. Hal tersebut guna mengetahui kondisi janin dan untuk mengetahui beberapa persiapan yang diperlukan selama masa kehamilan. Lalu, berapa biaya tes laboratorium ibu hamil?

Biasanya selain mencari tahu tes yang dibutuhkan, mereka juga penasaran dengan biaya tes laboratorium ibu hamil. Namun sebelum membahas tentang biaya tes laboratorium ibu hamil, ada beberapa hal yang perlu diketahui bagi calon mama nih. Termasuk soal jenis-jenis tes laboratorium bagi ibu hamil.

Jenis tes laboratorium bagi ibu hamil dan biayanyaApakah seluruh tes kehamilan ditanggung BPJS?Fasilitas gratis yang bisa didapat ibu hamil di puskesmasPentingnya asuransi kesehatan bagi ibu hamilFAQ seputar tes laboratorium ibu hamil Jenis tes laboratorium bagi ibu hamil dan biayanya

Perlu diketahui, tes laboratorium bagi ibu hamil terbagi dalam 4 jenis:

Lindungi finansial kamu dari tagihan biaya rumah sakit dan pengobatan dengan asuransi kesehatan. Dapatkan diskon hingga 10% dengan premi terjangkau. Tes darah Cek kadar gula darah Cek Infeksi (termasuk tes HIV-AIDS), dan Tes Hemoglobin

Keempatnya penting untuk memastikan calon mama serta janin dalam kandungan aman dan sehat selama masa kehamilan.

Selain itu, keempatnya juga mampu meminimalisir resiko pada saat persalinan.

Nah karena keempatnya penting, mari kita bedah satu persatu. Mulai dari fungsi, manfaat, hingga biaya cek laboratorium ibu hamil. Berikut rincian biaya tes laboratorium ibu hamil yang perlu kamu tahu.

1. Tes Darah

Tes darah masuk dalam pemeriksaan awal kehamilan, yakni di trimester pertama.

Perlunya melakukan cek lab untuk mengetahui kesehatan calon mama dan mendeteksi kemungkinan kelainan pada janin. 

Hal penting lainnya, jika resus calon mama beda dengan janinnya, maka perlu suntikan imunoglobulin untuk mencegah pembentukan antibodi yang dapat menyerang darah janin.

Untuk besaran biaya tes darah, bisa berbeda tergantung pada kebijakan masing-masing laboratorium atau puskesmas.

... KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →

Terkini