facebook

Intel Core i9 Terbaru Kalahkan Apple M1 Max di Bechmark

Intel Core i9 Terbaru Kalahkan Apple M1 Max di Bechmark

Salah satu alasan utama Apple memutuskan berhenti menggunakan prosesor Intel dan memilih membuat chipset sendiri adalah mereka tidak ingin menunggu jadwal pengembangan Intel. Selama beberapa tahun, Intel mengalami berbagai penundaan hingga belum merilis chipset baru. Hal ini mempengaruhi kemampuan Apple menciptakan komputer baru.

Dengan chipset seri M1, Apple berhasil mengalahkan kinerja prosesor Intel. Hal ini terungkap dari hasil benchmark di mana skor kedua prosesor itu memiliki jarak yang besar. Tapi sepertinya Intel melawan balik. Menurut benchmark Geekbench 5 baru-baru ini, prosesor Intel Core i9 berhasil mengalahkan chipset Apple M1 Max.

Prosesor Core i9-12900HK itu memperoleh skor multi-core 12.707. Sedangkan M1 Max memperoleh skor multi-core 12.244. Jadi Intel Core i9 ini 4 persen lebih cepat, tulis Ubergizmo, Jumat (28/1). Tentu saja, hasil benchmark hanya mengungkapkan satu sisi saja. Menurut tes PCWorld dengan benchmark Cinebench R23, prosesor Intel terus menggunakan daya listrik sebesar 100-watt. Bahkan pada satu titik, mencapai 140 watt.

Sedangkan dengan tes yang sama, M1 Max hanya menggunakan 40 watt. Jadi hampir 50 persen konsumsi listrik prosesor Intel. Jadi, sekalipun prosesor Intel sedikit lebih cepat, tapi chipset itu boros listrik. Pada akhirnya hal ini akan mempengaruhi daya tahan baterai. Selain itu, tagihan listrik Anda juga bisa naik lebih tinggi.

Tentu saja bukan berarti prosesor Intel buruk. Tapi jika masing-masing prosesor memiliki kelebihan dan kekurangan saat digunakan dalam skenario berbeda. Hal ini patut menjadi pertimbangan saat Anda memilih sebuah prosesor.

Editor : Ranu Ario

Terkini