Ajang Ini Diharapkan Jadi Solusi Atasi Kemacetan

Dythia Novianty
Ajang Ini Diharapkan Jadi Solusi Atasi Kemacetan
Intertraffic. [Traffic Technology Events]

Berdasarkan data INRIX Global Traffic Scorecard, ibu kota negara menempati posisi ke-12 sebagai kota terpadat di dunia.

Suara.com - Sebagai negara dengan jumlah penduduk ke 4 terbanyak di dunia, permasalahan lalu lintas masih menjadi sebuah dilema besar di Indonesia, terutama wilayah Jakarta. Bahkan, berdasarkan data INRIX Global Traffic Scorecard, ibu kota negara menempati posisi ke-12 sebagai kota terpadat di dunia.

Namun, pemerintah Indonesia saat ini mulai menerapkan sistem Electronic Traffic Law Enforcment (ETLE) di beberapa kota percontohan smart city. Dimana sistem ini bekerja untuk memantau pelanggaran-pelanggaran di jalan raya dengan menggunakan Close Circuit Television (CCTV) dan melaporkan pelanggaran tersebut secara online.

Mendukung hal tersebut, Tarsus Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang media, pameran, dan konferensi berbasis business-to-business (B2B) bekerjasama dengan RAI Amsterdam menghadirkan Intertraffic Indonesia 2018. Sebuah ajang pameran global untuk solusi lalu lintas dan mobilitas.

"Melihat upaya pemerintah dalam mengatasi lalu lintas di tanah air, Intertraffic Indonesia 2018 akan memamerkan beragam produk dan solusi, teknologi, serta layanan terdepan pada infrastruktur lalu lintas, pengaturan lalu lintas, smart mobility, keselamatan lalu lintas, serta parkir. Intertraffic Indonesia 2018 merupakan acara global yang pada tahun ini pertama kali diadakan di Indonesia," ujar Richard Butter selaku Director Exhibitions Traffic Technology Events, melalui keterangan resminya.

Dengan adanya Smart City yang didukung oleh teknologi-teknologi yang mengatur pengaturan wilayah tersebut tidak terkecuali pada lalu lintas, serta konektivitas pembangunan infrastruktur Indonesia memiliki masa depan yang cerah dalam merealisasikan pemerataan ekonomi di seluruh tanah air, serta meningkatkan mobilitas rakyat baik dalam konteks aktivitas sehari-hari maupun kemajuan perekonomian antar wilayah.

"Meski masih dalam tahap uji coba, pemerintah sudah mulai mengadopsi kemampuan teknologi dalam pengaturan lalu lintas.

Kemajuan teknologi turut mendorong munculnya gerakan menuju 100 Smart City di Indonesia," kata Butter.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS