Lyfe, Platform Gamifaction Gaya Hidup Sehat Pertama di Indonesia

Iwan Supriyatna
Lyfe, Platform Gamifaction Gaya Hidup Sehat Pertama di Indonesia
CEO Lyfe Indra Darmawan. (Dokumen: Lyfe)

Sebagai solusi menyadarkan masyarakat Indonesia untuk menjalani gaya hidup sehat.

Suara.com - Tenaga medis di Asia Tenggara masih sangat sedikit dengan jumlah rata-rata dokter hanya ada 0,6 persen per 1.000 penduduk. Bukan hanya itu, jumlah perawat dan personel kebidanan pun jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara maju.

Tentu jumlah tersebut tak sebanding karena faktanya, permintaan perawatan kesehatan di Asia Tenggara meningkat pesat, terlebih didorong oleh tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi dan pergeseran epidermologis dari penyakit menular ke pola penyakit kronis.

Jika melihat secara khusus Indonesia dengan jumlah penduduk yang menyumbang 40% populasi di Asia Tenggara, tentu kondisinya bisa cukup mewakili masalah yang terjadi di Asia Tenggara. Selain personel kesehatan, infrastruktur kesehatan di Indonesia juga kurang berkembang dengan 0,6 persen tempat tidur di rumah sakit per 1.000 penduduk.

Kurangnya tenaga dan infrastruktur medis menuntut masyarakat di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia harus bisa menjaga kesehatan dengan melakukan gaya hidup sehat. Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara menjalani hidup sehat atau bahkan sudah tahu, namun malas menerapkan karena merasa sulit.

Melihat fenomena tersebut, Indra Darmawan tergerak untuk membuat Lyfe sebagai solusi untuk menyadarkan masyarakat di Asia Tenggara, khususnya Indonesia bahwa menjalani gaya hidup sehat sangatlah mudah, menyenangkan, dan bermanfaat. Lyfe adalah platform terdesentralisasi yang dirancang untuk memberikan penghargaan serta mendorong gaya hidup sehat pertama di Indonesia.

“Lyfe adalah sistem gamifikasi kesehatan yang pertama di Indonesia. Harapan kami dengan adanya Lyfe, tren gaya hidup sehat semakin diadopsi oleh orang Indonesia. Dengan adanya Lyfe, kami juga percaya kedepannya tenaga medis dapat mempelajari dan meningkatkan analisa mereka menggunakan platform kami,” jelas Indra Darmawan selaku CEO Lyfe melalui keterangannya.

Siapapun bisa mengakses Lyfe secara gratis di manapun dan kapanpun. Para penggunanya akan diberikan berbagai tantangan kesehatan yang menarik dengan adanya papan peringkat, sehingga secara tidak sadar penggunanya sudah menerapkan gaya hidup sehat secara menyenangkan.

Tantangan Lyfe memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari tantangan fisik dasar seperti berlari dan berenang hingga tantangan klinis seperti menurunkan kolesterol ataupun berhenti merokok.

Setiap aktivitas fisik atau gaya hidup yang sehat dapat diukur secara akurat dapat dijadikan tantangan di platform Lyfe.

Selain itu, tantangan yang dilakukan bersama komunitas dan multi-pemain dapat menjadi interaksi yang menyenangkan. Semua tantangan yang ada di Lyfe juga dapat memotivasi pengguna untuk melakukan yang terbaik untuk bisa memenangkan kompetisi dan mendapatkan penghargaan.

“Dengan produk Lyfe ini kita ingin mendorong masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat dan kita ingin bekerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat khususnya industri kesehatan dan komunitas-komunitas olahraga di Indonesia untuk mendukung gerakan ini,” tutur Singgih Prakoso selaku Senior Community Manager Lyfe.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS