Wayang Golek Nusantara Karya Benny Adrianto yang Sudah Mendunia

Ferry Noviandi
Wayang Golek Nusantara Karya Benny Adrianto yang Sudah Mendunia
Benny Ardianto bersama karyanya, Wayang Golek Nusantara. [dokumentasi pribadi]

Wayang Golek Nusantara Karya Benny Adrianto akan ditampilkan dalam ajang Indonesia Interior & Craft Exhibition 2019

Suara.com - Selain untuk seni pertunjukkan, wayang golek juga rupanya bisa menjadi komoditas yang menjanjikan. Seperti Wayang Golek Nusantara karya Benny Adrianto yang sudah mendunia.

Tidak berlebihan disebut mendunia karena wayang golek karya Benny terjual ke sejumlah negara. Wayang Golek Nusatara tinggi peminat, salah satu alasannya karena banyak modifikasi hingga terlihat lebih modern.

Wayang Golek Nusantara karya Benny Ardianto. [dokumentasi pribadi]
Wayang Golek Nusantara karya Benny Ardianto. [dokumentasi pribadi]

Wayang Golek Nusantara dibalut dengan kain batik yang cantik dan anggun. Selain itu, bahan golek juga tidak melulu dari kayu, tapi juga berbahan porselen hingga bentuknya menyerupai action figure.

"Sekarang penjualan sudah sampai ke luar negeri seperti Inggris, Belgia, Prancis, Singapura, Thailand, Australia, Jepang dan Amerika," ujar Benny Adrianto, ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

Benny Adrianto mengungkap, ia memulai membuat Wayang Golek Nusantara pertama kali pada 1998. Ide itu muncul ketika istri Fauzi Bowo, Sri Hartati Fauzi Bowo meminta sarannya untuk souvenir bagi tamu asing yang datang ke Jakarta.

"Saat itu Pak Fauzi Bowo masih jadi Kepala Dinas Pariwisata DKI. Setelah berpikir akhirnya jadilah ide Wayang Golek Nusantara ini. Ternyata dia suka dan akhirnya bisnis ini yang saya tekuni sampai sekarang," ungkap Benny Adrianto.

Awalnya, Benny Adrianto memakaikan Wayang Golek Nusantaranya hanya dengan balutan kain batik. Tapi belakangan, Benny memilih busana berbahan tenun, songket, dan lurik.

"Banyak juga yang pesan wayang golek dengan busana ciri khas daerah lain atau negara si pemesan. Untuk wayangnya saya sudah bekerja sama dengan pengrajin dari daerah Subang, Bandung, Yogyakarta hingga Purwakarta," ujar Benny Andrianto.

Wayang Golek Nusantara karya Benny Ardianto. [dokumentasi pribadi]
Wayang Golek Nusantara karya Benny Ardianto. [dokumentasi pribadi]

Benny Adrianto mengakui, media sosial seperti Facebook dan Instagram sangat membantu untuk memasarkan Wayang Golek Nusantara.

"Penggunaan Instagram dan Facebook memudahkan penjualan ke mancanegara. Juga berfungsi untuk memamerkan produk, terutama. Memperlihatkan kegiatan yang pernah dilakukan bahkan menghilangkan biaya untuk kios offstore. Juga membuat reseller di mancanegara dan memperluas jaringan penjualan," kata Benny.

Untuk lebih memperkenalkan karyanya ke masyarakat luas, Benny Adrianto akan ikut serta dalam ajang Indonesia Interior & Craft (ICRA) Exhibition 2019. Acara tersebut akan digelar di Hall A Jakarta Convention Center pada tanggal 2-6 Oktober 2019.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS