UangTeman dan BPJS Ketenagakerjaan Perkuat Manajemen Risiko Perusahaan

Fabiola Febrinastri
UangTeman dan BPJS Ketenagakerjaan Perkuat Manajemen Risiko Perusahaan
UangTeman dan BPJS Ketenagakerjaan memperkuat risiko penilaian kredit. (Dok : BPJSTK)

Kerja sama ini merupakan sinergi untuk mendukung percepatan pelaksanaan program pemerintah.

Suara.com - Dalam rangka memperkuat manajemen risiko perusahaan, PT Digital Alpha Indonesia (UangTeman), secara resmi menjalin kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK). Kerja sama itu dilakukan untuk memperluas kepesertaan Program BPJSTK dan meningkatkan kemampuan machine learning UangTeman dalam memberikan penilaian kredit (credit scoring).

“Melalui kerja sama ini, kami bisa meningkatkan kemampuan analisis Credit Machine UangTeman, sehingga penilaian kelayakan kredit yang dilakukan bisa lebih akurat, tepat sasaran, dan semakin meminimalkan resiko bisnis UangTeman,” ujar CEO dan Co-Founder UangTeman, Aidil Zulkifli.

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan di kantor UangTeman, Jakarta, bersama Kepala Kantor BPJSTK Jakarta Ceger, Dani Santoso. Seremoni penandatanganan  disaksikan langsung oleh Deputi Direktur Pengaturan Penelitian dan Pengembangan Fintech Otoritas Jasa Keuangan, Munawar Kasan.

Melalui peningkatan kemampuan analisis kredit ini, Aidil menargetkan, penyaluran pinjaman yang dilakukan oleh UangTeman semakin akurat dan mengurangi risiko kegagalan bayar pinjaman dari nasabah. Hal itu juga sejalan dengan komitmen UangTeman untuk menyalurkan pinjaman dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial (responsible lending).

“Ini juga bagian dari wujud nyata dukungan kami kepada pemerintah, dalam rangka menciptakan ekosistem bisnis di sektor fintech yang lebih sehat dan tepat guna bagi masyarakat,” ujar Aidil.

Sementara itu, Dani menyatakan menyambut baik kerja sama dengan UangTeman. Industri fintech yang kini sedang tumbuh dengan pesat harus didukung secara optimal dan jadi peluang untuk BPJSTK dalam memperluas kepesertaan.

Literasi dan inklusi keuangan, adalah salah satu program kerja utama pemerintah dan OJK, Jaminan Sosial Ketenagakerjaan adalah amanah UU, dan program kerja Pemerintah, sehingga kerja sama ini merupakan sinergi untuk mendukung percepatan pelaksanaan program pemerintah.

Dani  pun memastikan jika kerja sama ini akan selalu mengutaman aspek kerahasiaan dan keamanan data sesuai regulasi pemerintah.

“Kami sangat senang dengan kerja sama ini, karena UangTeman memiliki target pasar masyararakat menengah ke bawah yang selama ini belum menikmati layanan keuangan dari perbankan dan belum semuanya terlindungi oleh Program BPJS Ketenagakerjaan. Kami yakin, kerja sama ini bisa meningkatkan kualitas penyaluran kredit kepada masyarakat dan meningkatkan perluasan perlindungan kepada pekerja yang belum terlindungi,” ujarnya.

Adapun kerja sama antara UangTeman dengan BPJSTK ini menggunakan skema data mirroring. Data calon nasabah yang mengajukan pinjaman ke UangTeman akan di verifikasi oleh data BPJSTK terkait sejumlah aspek, seperti Nomor Induk Kependudukan, alamat KTP, dan lainnya.

Kecocokan data akan ikut mempengaruhi penilaian kelayakan kredit calon nasabah.

“Dengan data mirroring ini, UangTeman yakin dapat memberikan penilaian kelayakan kredit yang lebih cepat dan akurat, sehingga kualitas pinjaman yang kami salurkan bisa lebih baik. Hal ini sesuai prinsip UangTeman untuk menjadi platform pinjam meminjam uang berbasis tekonologi informasi yang bertanggung jawab sosial,” ujar Aidil.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS