alexametrics

Survei Foodbank of Indonesia: 1 dari 3 Anak Dalam Kondisi Lapar Tersembunyi

Risna Halidi
Survei Foodbank of Indonesia: 1 dari 3 Anak Dalam Kondisi Lapar Tersembunyi
Ilustrasi anak kelaparan. (Pixabay)

Lapar tersembunyi atau hidden hunger adalah kondisi perut kosong saat jam sekolah.

Suara.com - Pada 2020 lalu, Foodbank of Indonesia mengeluarkan survei di 12 kota dan kabupaten di mana 1 dari 3 anak berada dalam kondisi perut kosong atau dalam kondisi lapar tersembunyi (hidden hunger) selama jam sekolah.

Parahnya, angka tersebut naik 40-50 persen di daerah miskin padat penduduk seperti di kawasan perkotaan Indonesia.

Dikatakan CEO Foodbank of Indonesia Hendro Utomo, situasi tersebut tentu sangat mengkhawatirkan, mengingat kualitas kesehatan anak akan berimplikasi pada kualitas generasi yang akan datang.

Menurutnya, bantuan dan keterlibatan dari berbagai pihak termasuk korporasi sangat dibutuhkan, terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

"Situasi pandemi ini memberi kesedihan terutama bagi orang yang rentan, khususnya pada keterbatasan akses pangan. Bulan Oktober ini merupakan bulan yang cukup penting bagi kami, yaitu adanya momen peringatan Hari Pangan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober."

"Pasalnya, pangan adalah hak dasar manusia yang harus dipenuhi dengan layak, termasuk akses pangan bagi anak-anak."

Prihatin dengan kondisi tersebut sekaligus dalam rangka menyambut momen peringatan Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada 16 Oktober kemarin, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) bersama dengan Alfamart menyerahkan produk donasi berupa 100 ribu kotak susu cair anak Frisian Flag Milky kepada Foodbank of Indonesia (FOI) sebagai mitra penyalur.

Produk donasi tersebut merupakan hasil dari partisipasi masyarakat pada program Beli 3 Sumbang 1 yang berlangsung sejak periode 16 Juli hingga 15 Agustus 2021 lalu, yang nantinya akan diberikan kepada anak-anak yang membutuhkan di 17 daerah di Indonesia.

Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro menyampaikan, pihaknya terus berkomitmen terhadap penyediaan gizi yang baik bagi masyarakat Indonesia, termasuk anak-anak.

Melalui momen peringatan Hari Pangan Sedunia, penyaluran donasi ini merupakan bagian dari upaya memberikan akses pangan lebih sehat dalam upaya meningkatkan status gizi anak-anak Indonesia.