facebook

Teknologi Digital untuk Pendidikan

Ririn Indriani
Teknologi Digital untuk Pendidikan
Pahamify bersama Direktorat Ekonomi Digital Sektor Pendidikan Kominfo RI dan sejumlah stakeholder menggelar webinar bertajuk “Teknologi Digital untuk Pendidikan” sebagai salah satu agenda Adopsi Teknologi Digital di Sektor Pendidikan yang dicanangkan oleh Direktorat Ekonomi Digital Kemenkominfo RI pada Sabtu (18/12/2021).

Teknologi Digital untuk Pendidikan sebagai salah satu agenda Adopsi Teknologi Digital di Sektor Pendidikan yang dicanangkan oleh Direktorat Ekonomi Digital Kemenkominfo RI.

Suara.com - Masa pandemi yang membatasi kegiatan tatap muka turut mempengaruhi proses belajar dan mengajar di sekolah.

Keadaan ini secara langsung juga mendorong manusia untuk lebih meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan.

Mencermati hal tersebut, PT Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) bersama Direktorat Ekonomi Digital Sektor Pendidikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI dan sejumlah stakeholder menyelenggarakan webinar bertajuk “Teknologi Digital untuk Pendidikan” sebagai salah satu agenda Adopsi Teknologi Digital di Sektor Pendidikan yang dicanangkan oleh Direktorat Ekonomi Digital Kemenkominfo RI pada Sabtu (18/12/2021).

Direktur Ekonomi Digital Kominfo RI, I Nyoman Adhiarna mengatakan bahwa rangkaian adopsi teknologi digital di sektor pendidikan pada 2021 sudah dilaksanakan di 10 kawasan, yakni Kab. Pemalang, Kab. Kuningan, Kab. Tasikmalaya, Kab. Malang, Kab. Kudus, Kab. Lombok Tengah, Kota Palu, Kab. Magelang, Kab. Banyuwangi, dan Provinsi Bali.

"Total sekolah yang sudah berhasil diikutsertakan dalam program ini, sambung dia sebanyak 360 sekolah yang terdiri dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK," terangnya

Sejalan dengan agenda adopsi teknologi digital ini, Pahamify sebagai platform belajar digital juga ikut berperan aktif untuk memajukan pendidikan di Indonesia mengingat sektor pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab Kemendikbudristek RI dan Kemenkominfo RI sebagai pemerintah pusat, tetapi juga stakeholder pendidikan lainnya.

CTO/CO-Founder Pahamify Edria Albert mengatakan platformnya berkomitmen untuk senantiasa memberikan nilai tambah bagi pendidikan di Indonesia melalui penyediaan fitur dan produk unggulan serta penyelenggaraan kegiatan bagi siswa, orang tua, dan guru.

"Kami juga turut serta dalam setiap rangkaian adopsi teknologi digital Kemenkominfo RI, mulai dari workshop di sejumlah wilayah di Indonesia hingga pelaksanaan webinar nasional," terangnya.

Sebagai informasi, sejak awal pandemi Covid-19 platform belajar digital tersebut telah menjalankan sejumlah inisiatif bagi pendidikan di Indonesia, antara lain memberikan diskon hingga akses gratis untuk konten belajar; menggelar program #BelajarJam6Pagi secara gratis untuk persiapan UTBK; mendukung metode flipped classroom melalui program Sekolah Bareng Pahamify; hingga berkolaborasi dengan Kemendikbudristek melalui Gerakan Bersama Hadapi Korona dan menjadi salah satu penyedia konten pada program Belajar Dari Rumah (BDR) di TVRI.

“Keikutsertaan kami dalam webinar nasional Kominfo RI ini diharapkan dapat mendorong kapasitas bapak dan ibu guru untuk bisa lebih memahami perkembangan teknologi digital yang membantu proses belajar dan mengajar di kelas. Kami juga berharap hal ini berdampak secara menyeluruh terhadap kualitas pendidikan di Indonesia pada masa ini dan masa yang akan datang,” tutup Edria.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS