facebook

#1Hari1Noicebook, Mengajak Anak Muda untuk Menikmati Buku dengan Cara Berbeda

Ferry Noviandi
#1Hari1Noicebook, Mengajak Anak Muda untuk Menikmati Buku dengan Cara Berbeda
Noicebook dan Gramedia melakukan kampanye #1Hari1Noicebook untuk memperingati Hari Buku Nasional. [dokumentasi pribadi]

#1Hari1Noicebook berlangsung dari 17 hingga 23 Mei 2022.

Suara.com - Noice selaku platform konten audio bekerja sama dengan Gramedia Pustaka Utama membuat gerakan #1Hari1Noicebook. Kampanye ini bertujuan untuk mengajak anak muda untuk bisa menikmati buku dengan cara berbeda.

#1Hari1Noicebook digagas dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh pada 17 Mei 2022. Sementara Noicebook sebutan dari fitur audiobook yang hadir di aplikasi Noice. Audiobook menghadirkan rangkuman buku-buku pilihan dalam format audio berdurasi singkat sekitar 15-20 menit.

"Audiobook sebuah inovasi konten audio, di mana masyarakat yang suka baca buku tetapi tidak punya waktu maupun akses untuk membaca, bisa tetap menikmati isi rangkuman buku-buku best seller dalam format audio. Hanya dalam 15-20 menit, pengguna Noice bisa menambah pengetahuan mereka lewat mendengarkan Noicebook, sambil tetap melakukan kegiatan sehari-hari," kata Chief Business Officer (CBO) Noice, Niken Sasmaya.

"Lewat gerakan #1Hari1Noicebook, Noice dan GPU ingin mengajak lebih banyak masyarakat, khususnya anak muda, untuk bisa menikmati buku dengan cara berbeda, namun tetap mendapatkan intisarinya, yakni lewat format audio," kata Niken menambahkan.

Sementara Andi Tarigan selaku Grand Manager GPU menilai kampanye #1Hari1Noicebook dapat menjadi salah satu cara meningkatkan minat baca dan kegiatan literasi. Kampanye ini juga bertujuan untuk mendukung peningkatan literasi masyarakat Indonesia.

"Kami harap gerakan #1Hari1Noicebook bisa menciptakan suatu kebiasaan baru yang baik bagi anak-anak muda Indonesia. Hal ini untuk memperkaya literasi dan pengetahuan mereka hanya dalam 15-20 menit dengan mendengarkan ringkasan buku audio, sebagai alternatif buku fisik," imbuh Andi Tarigan.

Gerakan #1Hari1Noicebook diadakan selama sepekan mulai 17 hingga 23 Mei 2022. Masyarakat bisa mendengarkan satu Noicebook per hari di aplikasi Noice, dan mengunggah Noicebook yang mereka dengarkan setiap harinya di Instagram Story dengan hashtag #1Hari1Noicebook dan #DengarBuku.

Selain itu, Noice juga menghadirkan segmen Noicebook spesial Hari Buku Nasional 2022 yang berisi kurasi sejumlah buku-buku best seller rekomendasi Noice x GPU. Segmen ini menghadirkan buku-buku dengan beragam genre dari mulai kehidupan, karier, percintaan, keuangan, religi, dan lainnya.