facebook

Jauhkan Anda dari Kerugian, Ini Cara Berinvestasi yang Benar

Vania Rossa
Jauhkan Anda dari Kerugian, Ini Cara Berinvestasi yang Benar
Ilustrasi Cara Berinvestasi yang Benar. (ist)

Tidak ada investasi yang sempurna, jadi penting bagi Anda untuk tahu cara berinvestasi yang benar.

Suara.com - Mempelajari dasar-dasar investasi dan kurasi portofolio Anda sangat penting untuk menjauhkan diri dari kerugian. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui untuk memulai berinvestasi, menurut brand ambassador dan ahli keuangan Octa Investama Berjangka, Ryan Filbert.

Menurut Ryan, pertama-tama, orang harus menyadari semua kelas aset yang tersedia. Anda dapat berinvestasi dalam emas, saham, valuta asing, real estat, dana, atau mata uang kripto — berkat internet. Kedua, jangan bingung dengan banyaknya pilihan, karena semuanya memiliki kelebihannya masing-masing.

Tapi, tidak ada investasi yang sempurna.

Contohnya adalah emas. Ini tergantung pada profil dan manajemen waktu Anda mengenai pendekatan mana yang paling menguntungkan atau menguntungkan bagi Anda: apakah itu membeli emas batangan, perhiasan emas, atau memperdagangkan reksa dana emas, berjangka atau ETF, dan bahkan opsi pembelian emas dengan sewa.

Menurut Ryan, “Kita dapat menggunakan instrumen yang dikaitkan dengan tingkat risiko tinggi, tetapi pada kenyataannya, risikonya cukup rendah. Instrumen seperti emas bisa sangat efektif dengan cara itu."

Namun, yang menarik dari emas adalah Anda bisa mendapatkan 100 gram emas sebagai sewa selama 10 bulan, yang berarti Anda memiliki 100 gram di muka dengan 10 gram dicicil per bulan.

Jika harga emas Anda telah naik, Anda boleh bergembira. Jika harganya jatuh, Anda tetap bisa berharap harganya naik kembali. Dalam kedua kasus, Anda membayar bunga seperti halnya pada kredit sepeda motor atau pinjaman lainnya. Tetapi dalam kasus ini, Anda tidak berurusan dengan barang utilitas yang kehilangan nilainya dengan cepat, melainkan dengan emas sebagai upaya melestarikan modal atau investasi jangka panjang.

Anda bahkan dapat membeli emas di pasar valuta asing, menerapkan leverage. Artinya, membeli emas di bursa berjangka memungkinkan Anda untuk tidak menyetor penuh 100% karena leverage—misalnya—1:200. Dengan leverage itu, kami sebenarnya hanya membeli dengan 1/200 dari uang yang biasanya dibutuhkan di awal akuisisi emas kami.

Dan dengan swap gratis yang ditawarkan dengan broker Forex paling andal, 199/200 dana yang kami pinjam dari broker kami tidak harus dibayar bunga. Jadi, berbeda dengan kredit sepeda motor yang telah disebutkan secara singkat di atas: nilai keseluruhannya sebagai barang utilitas menurun seiring waktu dan—di atas itu—bunga tetap harus dibayar juga.

Jadi, menurut Ryan, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Suara.com, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menemukan ahli yang bijaksana dan berwawasan luas untuk memberikan rekomendasi awal, sekaligus memberikan kompas untuk menavigasi kumpulan kemungkinan beserta dengan risikonya.