facebook

Risiko Sakit Makin Tinggi, Lansia jadi Kelompok yang Paling Butuh Proteksi

Risna Halidi
Risiko Sakit Makin Tinggi, Lansia jadi Kelompok yang Paling Butuh Proteksi
Ilustrasi lansia. (Unsplash.com/ Artem Labunsky)

Di Indonesia, kelompok lansia madya diprediksi akan meningkat jumlahnya rata-rata 3.4 persen setiap tahun.

Suara.com - Seiring bertambahnya usia, manusia kian rentan terhadap berbagai penyakit atau masalah kesehatan lainnya. Kelompok lansia madya misalnya, cenderung memiliki risiko lebih tinggi terhadap berbagai jenis penyakit.

Berdasarkan data Riskesdas tahun 2018, penyakit terbanyak yang diderita lansia adalah penyakit tidak menular seperti hipertensi, masalah gigi, penyakit sendi, masalah mulut, diabetes mellitus, penyakit jantung dan stroke.

Ada pula risiko penyakit menular seperti ISPA, diare, dan pneumonia.Sementara itu, lansia madya sendiri merupakan kelompok lanjut usia antara 70 hingga 79 tahun.

Di Indonesia, kelompok lansia madya diprediksi akan meningkat jumlahnya rata-rata 3.4 persen setiap tahun.

Keadaan ini diprediksi dapat menyebabkan semakin meningkatnya kebutuhan akan perlindungan kesehatan dan kenyamanan selama menjalani hari-hari di usia senja.

Sayangnya, hal ini berbanding terbalik dengan fakta bahwa sebagian besar pertanggungan asuransi kesehatan dan jiwa jatuh tempo ketika nasabahnya pensiun, usia di mana tertanggung sangat membutuhkan perlindungan.

Dikatakan Chief Sales Officer Chubb Life Indonesia - Reguel Pakpahan, produk asuransi seperti Premier Golden Age Protection, bisa membuat nasanah menikmati usia senja lebih nyaman dengan jaminan masa depan keluarganya terlindungi dari risiko finansial saat nasabah mengalami risiko meninggal dunia.

"Perlindungan yang panjang hingga 100 tahun ini diharapkan bisa menambahkan ketenangan nasabah untuk bisa fokus terhadap kesehatan di masa tua," kata Reguel dikutip dari siaran pers, Kamis (30/6/2022).

Presiden Direktur Chubb Life Indonesia - Kumaran Chinan juga menyebut, pihaknya berkomitmen untuk membantu nasabah mendapatkan perlindungan saat memasuki usia senja.

"Kami secara konsisten terus berinovasi dengan menghadirkan produk baru yang sesuai dengan tantangan dan kebutuhan pasar. Melalui produk ini, kamu berkomitmen membantu nasabah mendapatkan ketenangan dan perlindungan saat memasuki usia senja,” katanya.