William Dunlop, Road Racer Kebanggaan Irlandia Berpulang

RR Ukirsari Manggalani
William Dunlop, Road Racer Kebanggaan Irlandia Berpulang
William Dunlop, juara Isle of Man TT dan Irish National Road Race tiada di usia 32 tahun [sumber: www.williamdunlopracing.co.uk].

Menangguk prestasi di Isle of Man TT dan Skerries 100, ia wafat seperti ayah dan pamannya.

Suara.com - William Dunlop, juara North West 200 dan GP Ulster, wafat dalam sesi practice menjelang balapan Skerries 100 di County Dublin, Republik Irlandia, Sabtu sore (07/07/2018). Demikian dilansir Belfast Live.

Rider berusia 32 tahun ini adalah peraih podium enam kali kejuaran road race bergengsi Isle of Man Tourist Trophy (TT), salah satu dari balap roda dua paling berbahaya di dunia, yang sudah eksis sejak 1907 dan digelar antara Mei atau Juni setiap tahunnya. Serta memenangi 108 kali kejuaraan Irish National Road Race, dan 15 kali di antaranya di Sirkuit Skerries yang meminta nyawanya.

Memilih tidak turun di gelaran Isle of Man TT karena tengah menanti kelahiran anak keduanya, pebalap asal Ballymoney, County Antrim Irlandia itu merencanakan kembali mengaspal. Yaitu dengan turun di Skerries 100 yang sayangnya malahan mengakhiri hidupnya.

Saat kecelakaan terjadi, demikian dilansir The Independent, Dunlop yang turun practice dengan Yamaha R1 mengalami nahas di lap ketiga sekitar pukul 17.00 waktu setempat. Petaka itu langsung direspon dengan pengibaran bendera merah tanda latihan dihentikan, dan petugas medis serta polisi segera menuju lokasi kejadian. Sayangnya, nyawa Dunlop tak tertolong akibat cedera kepala.

Bila menilik sejarah keluarga  yang deras diwarisi darah balap, tragedi saat balapan ini adalah yang ketiga kalinya. Ayahanda William sendiri, Robert Dunlop, wafat saat practice  North West 200 pada 2008, di mana William dan saudara lelakinya, Michael Dunlop juga  berlaga. Lantas sang paman, Joey Dunlop yang telah memenangi 26 kali balap Isle of Man TT tiada pada 2000 di sirkuit balap Estonia.

Loughshinny Motorcycle Supporters Club selaku penyelenggara menyatakan duka yang mendalam kepada keluarga Dunlop yang ditinggalkan, dan balapan berlanjut hari ini (08/07/2018), dengan dedikasi mengenang William Dunlop.

Dunlop meninggalkan pasangannya, Janine serta putri mereka, Ella dan calon anak kedua,  saudara lelaki Michael dan Daniel, ibunda dan neneknya, serta tim di mana ia pernah bernaung, termasuk Armoy Motorcycle Road Racing Club di kota kelahirannya.

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS