Juara Kejurnas PBSI 2018 Bakal Magang di Pelatnas

Rizki Nurmansyah
Juara Kejurnas PBSI 2018 Bakal Magang di Pelatnas
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti (kedua dari kiri), usai konferensi pers Kejurnas PBSI 2018 di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (17/12/2018). [Suara.com/Rizki Nurmansyah]

"Kejurnas salah satu penilaian akhir untuk ikut latihan di pelatnas, khususnya para juara Divisi I Kelas Taruna," kata Susy.

Suara.com - PP PBSI memastikan akan memberikan tiket magang di pelatnas bagi para juara Kejurnas PBSI 2018 Divisi I Kelas Taruna. Hal itu disampaikan langsung Kepala Bidang dan Pembinaan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti.

Kejurnas PBSI 2018, kata Susy, tidak ubahnya jadi wadah untuk memantau bibit-bibit potensial bulutangkis Indonesia, khususnya di Divisi I Kelas Taruna.

"Kejurnas merupakan puncak dari sangkaian turnamen nasional. Ajang ini juga salah satu penilaian akhir untuk ikut latihan di pelatnas, khususnya para juara Divisi I Kelas Taruna," kata Susy di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (17/12/2018).

"Para juara di kelas tersebut akan magang selama enam bulan di Pelatnas PBSI. Nantinya setelah di pelatnas, kami akan memantau lagi latihan, kesehatan, kedisiplinan dan daya juang mereka sebelum di SK-kan menjadi atlet pelatnas," papar Susy.

Kejurnas sendiri secara bergantian setiap tahunnya mempertandingkan nomor perorangan dan beregu, khususnya untuk kelompok dewasa. Tahun genap memainkan nomor beregu, sedangkan tahun ganjil untuk perorangan.

Sedangkan kelas taruna U-19 setiap tahunnya mempertandingkan nomor perorangan. Selain terbagi menjadi dua kelompok usia, Kejurnas juga dibagi menjadi dua divisi, yakni Divisi 1 dan 2.

Klub yang masuk ke Divisi 1 adalah mereka yang memiliki kontribusi besar dalam mengirim atlet ke pelatnas PBSI. Di samping itu, para atlet/klub yang meraih gelar juara Divisi 2 pada Kejurnas tahun sebelumnya.

Serta atlet tunggal dan ganda yang memiliki ranking 30 besar, dihitung dari satu bulan sebelum Kejurnas dimulai.

Kejurnas PBSI 2018 Divisi I akan dilangsungkan di Britama Arena Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara, dan Divisi II di Gelanggang Remaja Tanjung Priok pada 18-22 Desember mendatang.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS