Kondisi Lapangan Dinilai Berbahaya, IBL Tetap Lanjutkan Seri Surabaya

RR Ukirsari Manggalani | Arief Apriadi
Kondisi Lapangan Dinilai Berbahaya, IBL Tetap Lanjutkan Seri Surabaya
Forward milik Stapac Jakarta, Kaleb Ramot Gemilang mencoba melewati adangan pemain Pacific Caesar Surabaya dalam laga hari pertama Seri keenam IBL 2018/2019 di GOR Pacific Surabaya, Jumat (1/2/2019). [Dok. IBL]

Lapangan GOR Pacific Surabaya untuk gelaran IBL 2018/2019 dalam kondisi kelembapan tinggi.

Suara.com - Direktur Indonesia Basketball League (IBL) Hasan Gozali memastikan jika seri keenam IBL 2018/2019 di GOR Pacific Surabaya tetap dilanjutkan meski beberapa tim mengkhawatirkan kondisi lapangan.

Sebagaimana diketahui, dua laga antara Pelita Jaya menghadapi Prawira Bandung dan Hangtuah melawan Bogor Siliwangi yang seharusnya berlangsung pada Jumat (1/2/2019) terpaksa ditunda.

Pelita Jaya dan Prawira keberatan memainkan laga karena khawatir jika kelembapan tinggi di GOR Pacific yang menyebabkan permukaan lapangan menjadi licin, bisa membahayakan keselamatan para pemain.

Sebelumnya, Hasan Gozali menyebut IBL akan meninjau ulang terkait bakal diteruskan atau tidaknya seri keenam IBL di Surabaya itu. Kini IBL memutuskan untuk melanjutkannya dibarengi dengan persyaratan yang lebih ketat.

"Kami sepakat melanjutkan seri di Surabaya tentu dengan pengawasan lapangan lebih ketat," kata Hasan Gozali dalam rilis yang diterima Suara.com, Sabtu (2/2/2019).

Hasan Gozali menambahkan, jika pengawasan terhadap kelayakan lapangan akan dilakukan setiap berlangsungnya pertandingan oleh perangkat pertandingan dan technical delegate (TD).

"IBL akan memutuskan gim dimainkan atau tidak berdasarkan masukan dari mereka," tutur Hasan Gozali.

Soal kelayakan lapangan yang diperbincangkan, berasal dari cuaca buruk yang menerpa Surabaya. Akibatnya, atap GOR Pacific bocor dan tetesan hujan menggenang di lapangan. Meski masalah itu akhirnya teratasi, kelembapan yang tinggi membuat permukaan lapangan menjadi licin.

Hari pertama Seri keenam IBL 2018/2019 pun hanya memainkan dua laga saja yakni antara Satya Wacana Salatiga menghadapi Bima Perkasa Jogja dan Stapac Jakarta menghadapi tuan rumah Pacific Caesar Surabaya.

Hari kedua sendiri yang akan berlangsung Sabtu (2/2/2019) direncanakan akan menggelar empat laga. Di antaranya Hangtuah vs Satria Muda Pertamina Jakarta, Bima Perkasa Jogja vs NSH Jakarta, Pacific Caesar vs Prawira Bandung, dan laga eksibisi antara Indonesa Warriors menghadapi Satya Wacana Salatiga.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS