Jokowi Benarkan Kirim Surat agar Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Rully Fauzi | Chyntia Sami Bhayangkara
Jokowi Benarkan Kirim Surat agar Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
Presiden Joko Widodo. (Suara.com/Chyntia Sami)

Presiden Jokowi mengonfirmasi langsung hal ini.

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membenarkan bila dirinya telah mengirimkan surat pengajuan agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah pada Olimpiade 2032 mendatang. Surat itu telah diajukan kepada Presiden International Olympic Committee (IOC), Thomas Bach di Sekretariat IOC.

Jauh sebelum mengajukan surat, Jokowi sendiri mengaku telah menyampaikan secara langsung dihadapan Presiden IOC terkait keinginan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 ini. Surat itu telah diterima pihak IOC dan mendapatkan respon positif.

"Suratnya sudah dikirim. Dulu, waktu ketemu Ketua Olimpiade (IOC - Thomas Bach), sudah disampaikan bahwa kita memiliki keinginan untuk ikut," tutur Jokowi saat ditemui di Ecovention, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (20/2/2019).

Penyerahan surat yang menyatakan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, dilakukan oleh Dubes RI di Bern, Swiss, Muliaman D Hadad pada 11 Februari 2019.

Sebagai informasi, proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada 2024. Tokyo, Paris, dan Los Angeles kini telah ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade berturut-turut pada tahun 2020, 2024, dan 2028.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS