Kemenpora Ajak Olimpian dalam Rencana Tuan Rumah Olimpiade 2032

RR Ukirsari Manggalani | Arief Apriadi
Kemenpora Ajak Olimpian dalam Rencana Tuan Rumah Olimpiade 2032
Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Imam Nahrawi (kanan) dan Duta Besar (Dubers) Meksiko untuk RI, Armando G. Alvarez di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (12/2/2019) [Dok. Kemenpora].

Membidik tuan rumah Olimpiade 2032, Kemenpora menggagas tim sukses berisi peraih medali.

Suara.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan jika pihaknya akan melibatkan para Olimpian atau atlet peraih medali Olimpiade untuk mensukseskan rencana Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Para Olimpian itu disebut Imam Nahrawi akan bergabung dengan tim khusus yang berisikan berbagai pihak dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) hingga Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Tim ini nantinya akan bertugas untuk mempermulus dan meyakinkan negara-negara anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) agar mendukung pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah.

"Tentu kami juga akan mengajak berbagai pihak nanti, seperti Ibu Menlu (Retno Lestari Priansari Marsudi), beberapa menteri, dan juga KOI," kata Imam Nahrawi saat ditemui di Gedung Kemenpora, Jakarta, Rabu (20/2/2019) malam WIB.

"Dan tentu para Olimpian akan kami ajak juga menjadi bagian tim untuk meyakinkan negara-negara anggota IOC," imbuhnya.

Lebih jauh, politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menegaskan jika upaya pembentukan tim khusus dan juga persiapan harus direncanakan sematang mungkin. Sebab, deadline pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 bakal dilangsungkan pada 2024.

"Yang pasti, setiap kali kami bertemu negara-negara sahabat dan kunjungan resmi, Bu Menteri (Retno Marsudi) memang kami minta untuk mendukung, direspon dan tentu ini harus betul-betul terjadi," tukasnya.

Sebagaimana diketahui, penyerahan surat yang menyatakan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, telah dilakukan oleh Dubes RI di Bern, Swiss, Muliaman D Hadad pada 11 Februari 2019.

Presiden Jokowi sendiri pada September 2018 telah bertemu langsung dengan Presiden IOC Thomas Bach di Istana Kepresidenan Bogor. Saat itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyampaikan keinginan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS