Teken MoU, Kemenpora Pastikan Dana Pelatnas SEA Games Cair Minggu Ini

Syaiful Rachman | Arief Apriadi
Teken MoU, Kemenpora Pastikan Dana Pelatnas SEA Games Cair Minggu Ini
Penandatanganan MoU pencairan anggaran pelatnas SEA Games 2019 dan Kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo antara Kemenpora dan tiga induk cabang olahraga yakni PBSI, PABBSI, dan PBWI di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (25/2/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Tiga induk cabor hadir dalam penandatanganan MoU.

Suara.com - Pelaksana tugas (Plt) Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bakti memastikan pencairan dana pelatnas SEA Games 2019 dan Kualifikasi Olimpiade 2020 kepada tiga induk cabang olahraga akan rampung maksimal pada Jum'at (1/3/2019).

Sebagaimana diketahui, Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) baru saja menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) pencairan dana pelatnas SEA Games 2019 dan Kualifikasi Olimpiade 2020 di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (25/2/2019).

Tiga dari lima induk cabor yang hadir menandatangani MoU, antara lain PBSI (bulutankis), PABBSI (angkat besi), dan PBWI (wushu). Dua lainnya yakni Persorasi (sepatu roda), dan FPTI (panjat tebing) berhalangan hadir.

Dari penandatanganan MoU tersebut, diketahui PBWI akan mendapat pencairan dana Rp 10,9 miliar, PBSI Rp 14 miliar, dan PABBSI mendapat kucuran dana pelatnas sebanyak Rp 11 miliar.

"MoU baru kami masukkan hari ini untuk dibuatkan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) dan masuk diaplikasi SAS (Sistem Aplikasi Satker), Sistem Pembendaharaan dan Anggaran Negara Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (SPAN KPPN), jadi dia sudah terdaftar," ujar Chandra Bakti di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (25/2/2019).

"Minggu ini kita usahakan paling (pencairan dana) hari Jum'at (1/3/2019). Karena dana di atas 2 miliar itu harus didaftarkan dulu," imbuhnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi berharap penandatanganan MoU dengan tiga induk cabang olahraga ini bisa segera diikuti cabor-cabor lain. Agar, pelatnas menuju SEA Games 2019 bisa segera dimulai secara efektif.

"Saya awalnya ingin Februari awal sudah selesai semua. Tapi hari ini baru bisa dilaksanakan. Saya harap cabor lain bisa segera mengikuti secepatnya. Tak boleh lepas dari Minggu ini. Semua harus sudah selesai," kata Imam Nahrawi.

Sebagaimana diketahui, pencairan dana pelatnas menuju SEA Games dan Kualifikasi Olimpiade 2020 sempat mendapat hambatan. Dana yang seharusnya sudah cair di akhir Januari 2019, hingga kini belum sepenunya mengalir ke rekening masing-masing induk cabang olahraga.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS