Senna Day, Perhelatan Indah 25 Tahun Kepergian Ayrton Senna

RR Ukirsari Manggalani
Senna Day, Perhelatan Indah 25 Tahun Kepergian Ayrton Senna
Para penggemar mengajak generasi di bawahnya untuk menyimak pameran Senna Day Festival yang digelar pada 1 Mei 2019 di Sirkuit Interlagos, Sao Paulo, sebagai bagian dari 25 tahun peringatan wafatnya juara dunia asal Brasil, Ayrton Senna da Silva [AFP/Nelson Almeida].

Mulai geber McLaren Senna GTR sampai lari maraton, driver F1 legendaris Ayrton Senna "hadir" di antara pengunjung.

Suara.com - "Ole, ole, ole, ola ... Senna, Senna ...." pemandu acara Senna Day 2019 mengawali seremoni sebelum dilangsungkannya 5K Marathon di Autodromo Jose Carlos Pace, Interlagos, Brasil (1/5/2019), dalam peringatan 25 tahun wafatnya sang driver legendaris Ayrton Senna di Formula One (F1) Grand Prix  atau GP San Marino 1994.

Para partisipan pun menyambut yel-yel yang dilemparkan si pemandu dengan suara seru lagi membahana, dan sesudahnya bendera start berkibar. Melepas begitu banyak pelari maraton profesional pun amatir yang ingin merayakan Senna Day Festival dengan sesama warga Brasil bahkan luar negeri.

Tontonan seru ini bisa dinikmati langsung lewat Instastory dari media sosia Instagram, yang diunggah oleh Ayrton Senna Official. Dengan keterangan penyelenggaraan Senna Day Festival yang diterbitkan situs Ayrton Senna Institute.

Partisipan bersiap maraton 5K dalam Senna Day Festival  [Instastory Ayrton Senna Official].
Partisipan bersiap maraton 5K dalam Senna Day Festival [Instastory Ayrton Senna Official].

Tahun ini, tepat setengah abad atau 25 tahun peraih tiga kali gelar juara dunia F1 (1988, 1990, 1991), Ayrton Senna da Silva berpulang. Ia mengalami nahas di Tikungan Tamburello, Autodromo Enzo e Dino Ferrari, Imola, Italia saat berlaga bersama jet darat tim Williams. Trauma pada kepala, membuat nyawanya tak tertolong meski ia dilarikan ke rumah sakit dengan air ambulance.

Di mata warga Brasil pada khususnya, dan dunia F1 pada umumnya, sosok Ayrton Senna adalah sebuah legenda. Tahun demi tahun berlalu, dan rasa kehilangan akan sosoknya tak tergantikan. Seperti bisa disimak dari beberapa tayangan dokumenter BBC, sampai Top Gear peringatan 50 tahun ulang tahun Ayrton Senna, dengan bintang tamu Lewis Hamilton sebagai pembesut jet darat kenamaan McLaren - Honda yang dahulu dipiloti mendiang. Semuanya merujuk kepada satu komentar senada: Ayrton Senna adalah the best F1 driver for all time.

Termasuk dalam dokumenter ini adalah pemaparan dari Mika Hakkinen (juara dunia F1 dua kali), sampai Michael Schumacher (juara dunia F1 tujuh kali). Mereka masih mengagumi sosok Ayrton Senna hingga zaman now.

Laman berikut adalah kisah singkat perkabungan saat kepergian sang legenda, materi pameran, serta semangat Ayrton Senna.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS