Bawa CLS Knights Juara ABL, Rowsom Buka Peluang Latih Timnas Indonesia

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Bawa CLS Knights Juara ABL, Rowsom Buka Peluang Latih Timnas Indonesia
Pelatih CLS Knights Indonesia, Brian Maurice Rowsom saat ditemui di kawasan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

"Buat saya, itu akan menjadi kehormatan untuk mewakili Indonesia dan basket Indonesia," kata Rowsom.

Suara.com - Keberhasilan Brian Maurice Rowsom membawa CLS Knights Indonesia meraih gelar juara ASEAN Basketball League (ABL) 2018/2019 menuai banyak pujian.

Pencapaian itu bahkan membuat PP Perbasi kepincut merekrutnya. Ia diharapkan bisa menjadi juru taktik Timnas Basket Indonesia dalam persiapan menuju Piala Dunia FIBA 2023.

Brian yang datang menangani CLS Knights musim ini dinilai sukses membawa revolusi positif kepada klub asal kota Surabaya itu.

CLS Knights yang tampil angin-anginan musim lalu, diubahnya menjadi klub bermental juara.

"Sejujurnya saya sendiri masih kaget. Saya baru mengetahui soal itu ketika pertandingan final di Singapura," ujar Rowsom saat ditemui di kawasan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).

"Buat saya, itu akan menjadi kehormatan untuk mewakili Indonesia dan basket Indonesia. Saya harap saya bisa melakukannya," sambungnya.

Kontrak Rowsom bersama CLS Knights sendiri akan berakhir musim ini. Pembicaraan perpanjangan kontrak dengan CLS Knights masih terus berlangsung, meski ada peluang dirinya hengkang musim depan.

Rowsom yang mengaku cinta dengan atmosfer ABL, tak menampik cukup tertarik dengan proyek yang ditawarkan PP Perbasi.

Jika tak ada tawaran dari CLS Knights maupun tim basket lain, ia mengaku siap menjadi juru taktik Timnas Indonesia menuju FIBA 2023.

"Kontraknya sudah habis sekarang. Tergantung nanti apa yang akan terjadi dengan tim dan hal-hal lainnya. Saya akan menandatangani kontrak lagi dengan tim. Jika bukan dengan CLS Knights mungkin saya akan bisa bekerja dengan timnas," beber Rowsom.

"Jika saya mendapatkan pekerjaan itu, saya pasti akan melakukan yang terbaik untuk meningkatkan kualitas basket di sini, sehingga kita akan bisa bersaing di Piala Dunia nanti," pungkasnya.

Pelatih CLS Knights Indonesia, Brian Maurice Rowsom (tengah), memberikan instruksi kepada para pemainnya saat melawan Singapore Slingers di OCBC Arena, Singapura. [Dok. CLS Knights Indonesia]
Pelatih CLS Knights Indonesia, Brian Maurice Rowsom (tengah), memberikan instruksi kepada para pemainnya saat melawan Singapore Slingers di OCBC Arena, Singapura. [Dok. CLS Knights Indonesia]

Di sisi lain, Managing Partner BTN CLS Knights Indonesia, Christopher Tanuwidjaja membenarkan PP Perbasi menghubunginya. 

Dia menjembatani proses perekrutan Brian Maurice Rowsom sebagai pelatih timnas, meskipun ia mengaku kurang tahu mengenai detail kesepakatannya nanti.

"Besok coach Brian akan meeting dengan PP Perbasi untuk bicarakan masalah itu. Ini masih tahap awal, saya berharap dia bisa terus berada di sini sama kita di Indonesia, karena dia pelatih yang luar biasa bagus," jelas pria yang akrab disapa Itop tersebut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS