MotoGP Jerman: Start Diluar 10 Besar, Dovizoso Enggan Lempar Handuk

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
MotoGP Jerman: Start Diluar 10 Besar, Dovizoso Enggan Lempar Handuk
Pebalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, saat mengikuti sesi latihan bebas MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Sabtu (6/7/2019). [AFP/Tobias Schwarz]

Dovizioso mengaku sangat kecewa dengan performanya di sesi latihan bebas dan kualifikasi MotoGP Jerman

Suara.com - Pebalap Ducati Mission Winnow, Andrea Dovizioso tampil buruk di sesi kualifikasi MotoGP Jerman. Ia harus memulai balapan di Sirkuit Sachsenring pada, Minggu (7/7/2019) malam WIB, dari posisi ke-13.

Performa buruk Dovizioso sudah terjadi sejak sesi latihan bebas pada, Jumat (5/7/2019). Ia pun harus menjalani sesi kualifikasi pertama (Q1).

Nahas bagi Dovizioso, motor Desmosedici GP19 tunggangannya lagi-lagi gagal tampil cepat pada sesi krusial tersebut.

Rekan setim Danilo Petrucci ini hanya mampu mencatatkan waktu 1 menit 21,105 detik dan harus puas start dari posisi ke-13.

Meski tampil melempem sepanjang sesi latihan bebas dan kualifikasi, runner-up MotoGP 2018 itu enggan lempar handuk.

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso. [AFP/Oli Scarff]
Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso. [AFP/Oli Scarff]

Menurutnya, di balapan sesungguhnya, ia masih punya kesempatan meraih hasil positif.

"Dalam situasi seperti ini, satu-satunya hal yang mungkin dilakukan adalah tetap bersikap tenang dan mencoba membawa pulang hasil maskimal," ujar Dovizioso dilansir dari GPone, Minggu (7/7/2019).

"Saya pikir performa kami tak seburuk dari apa yang terlihat pada sesi kualifikasi," sambungnya.

Kesulitan tampil cepat di Sirkuit Sachsenring nyatanya tak hanya dialami Dovizioso. Mayoritas pebalap Ducati lainnya, termasuk tim satelit juga kesulitan bersaing pada lintasan yang memiliki panjang 3,671 kilometer itu.

Petrucci contohnya, harus puas start dari posisi 12. Sementara Francesco Bagnaia yang memperkuat tim Pramac Ducati, bakal mengawali balapan dari posisi 17.

Pebalap anyar Ducati, Danilo Petrucci, saat menjalani tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Rabu (6/2/2019). [AFP/Mohd Rasfan]
Pebalap anyar Ducati, Danilo Petrucci, saat menjalani tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Rabu (6/2/2019). [AFP/Mohd Rasfan]

Hasil lebih parah bahkan dicatatkan duo pebalap Avintia Racing—tim satelit Ducati lainnya. Karel Abraham dan Tito Rabat berturut-turut harus puas start dari posisi 21 dan 22.

Hanya Jack Miller (Pramac Ducati) yang terlihat tampil cukup baik di Sirkuit Sachsenring. Pebalap Australia itu akan mengawali balapan dari posisi kelima.

Dovizioso mengaku sangat kecewa dengan performanya di sesi latihan bebas dan kualifikasi MotoGP Jerman. Ia tak menyangka Desmosedici GP19 bisa sangat kesulitan di Sirkuit Sachsenring.

"Kekecewaan saya melebihi rasa marah. Pada Kamis saya menyambangi sirkuit ini dengan optimisme tinggi. Lalu segalanya menjadi rumit dan saya gagal memanfaatkan potensi maksimal," tutur Dovizioso.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS