CdM: Finalisasi Cabor ke SEA Games 2019 Ditentukan Pekan Ini

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
CdM: Finalisasi Cabor ke SEA Games 2019 Ditentukan Pekan Ini
CdM Indonesia untuk SEA Games 2019, Harry Warganegara di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (27/5/2019) malam. [Suara.com/Arief Apriadi]

Sebanyak 47 cabor sudah mendaftarkan nama-nama atlet dan ofisial untuk SEA Games 2019.

Suara.com - Chef de Mission (CdM) atau Kepala Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019, Harry Warganegara menyebut finalisasi cabang olahraga yang berangkat ke SEA Games 2019 bakal ditetapkan, Kamis (26/9/2019).

Saat ini, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) selaku penanggung jawab, masih menampung segala laporan dari masing-masing cabor.

Per Senin (23/9/2019), kata Harry, sebanyak 47 cabor sudah mendaftarkan nama-nama atlet dan ofisial untuk SEA Games 2019.

Namun, dari jumlah tersebut, pihaknya masih akan menggodok untuk menentukan cabor mana saja yang bakal dipersilakan mewakili Indonesia di Filipina nanti.

“Sebanyak 47 cabor itu harus dilihat lagi satu-satu dan kita kembalikan lagi ke Kemenpora apakah mau diberangkatkan atau tidak. Kita lihat juga cabor-cabor yang sesuai dengan targetnya pemerintah," ujar Harry saat dihubungi wartawan, Senin (23/9/2019).

"Nanti saya dan Kemenpora akan rapat untuk memfinalisasi jumlah cabor dan jumlah atlet dan ofisial yang akan diadakan Kamis mendatang," sambungnya.

Jumlah 47 cabor yang mendaftar ke KOI bisa dibilang cukup gemuk, bila merujuk narasi pemerintah yang mengatakan bahwa dana anggaran untuk SEA Games 2019 cukup terbatas.

Karena itu, Harry menegaskan bahwa keputusan berapa jumlah cabor yang akan berangkat akan dirumuskan lagi dengan Kemenpora.

Hal itu merujuk anggaran yang dimiliki pemerintah.

"Namun bukan berarti bakal dipaksakan budget-nya. Kita bakal terus tinjau cabor mana yang kira-kira bisa berprestasi di Filipina," jelas Harry.

Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan, saat tampil di SEA Games 2017. [AFP/Manan Vatsyayana]
Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan, saat tampil di SEA Games 2017. [AFP/Manan Vatsyayana]

Entry by name dari KOI sejatinya berakhir hari ini, Senin (23/9/2019).

Namun KOI masih membuka pintu untuk cabor mendaftarkan atlet dan ofisialnya hingga Jumat (27/9/2019).

Sementara dari pihak panitia penyelenggara SEA Games 2019 (Phisgoc), batas entry by name atlet dan ofisial jatuh pada, Senin (30/9/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS