China dan Hong Kong Absen di BATC 2020, Indonesia Langsung ke Fase Gugur

Reky Kalumata | Arief Apriadi
China dan Hong Kong Absen di BATC 2020, Indonesia Langsung ke Fase Gugur
Kevin Sanjaya Sukamuljo cs yang tergabung dalam skuat tim bulutangkis beregu putra Indonesia di Badminton Asia Team Championships 2020. [Instagram/badminton.ina]

Jonatan Christie dan kawan-kawan hanya akan menghadapi Korea Selatan di fase grup.

Suara.com - Kepastian batal tampilnya China dan Hong Kong di ajang Badminton Asia Team Championships (BATC) 2020 turut berdampak signifikan bagi Indonesia.

Berdasarkan hasil undian ulang yang berlangsung hari ini, Senin (10/2/2020), tim beregu putra Merah Putih kembali tergabung di grup A, namun dengan lawan berbeda.

Sebelumnya, tim beregu putra Indonesia berada di grup A bersama India dan Filipina. Undian ulang membuat Jonatan Christie dan kawan-kawan hanya akan menghadapi Korea Selatan di fase grup.

Skuat tim bulutangkis beregu putri Indonesia di Badminton Asia Team Championships 2020. [Instagram/badminton.ina]
Skuat tim bulutangkis beregu putri Indonesia di Badminton Asia Team Championships 2020. [Instagram/badminton.ina]

Kondisi tersebut membuat Indonesia maupun Korea Selatan dipastikan otomatis lolos ke fase knock-out, terlepas dari hasil di babak grup nanti.

Pasalnya, regulasi BATC 2020 menyebutkan bahwa hanya dua negara terbaik di masing-masing grup yang berhak lolos ke fase knock-out.

"Karena batal tampilnya Hong Kong dan China, harus dilakukan undian ulang. Formatnya adalah unggulan pertama dan kedua hanya akan mengisi grup yang berisikan dua negara," ujar Kasubid Hubungan Internasional PP PBSI yang juga merupakan Komite Eksekutif Badminton Asia, Bambang Roedyanto saat dihubungi Suara.com, Senin (10/2/2020).

"Kondisi itu ya bisa dibilang menguntungkan, khususnya bagi tim beregu putra kita yang merupakan unggulan pertama. Kita jadi langsung lolos ke fase knock-out karena di grup kan cuma berdua," tambahnya.

Sebagai informasi, China dan Hong Kong batal tampil di BATC 2020 lantaran kebijakan pemerintah Filipina selaku tuan rumah yang melarang kehadiran dua negara tersebut.

Bambang Roedyanto mengatakan bahwa Filipina melarang China, Hong Kong, dan Makau ke BATC 2020 lantaran khawatir dengan wabah virus corona yang tengah merebak di negara-negara tersebut.

"Karena virus corona, dan di Filipina juga sudah ada korban dari China yang meninggal, maka pemerintahnya melarang untuk masuk. Itu masalahnya," jelas Bambang Roedyanto.

Berikut hasil undian ulang BATC 2020, Senin (10/2/2020):

Tim putra:

Grup A
Indonesia
Korea Selatan

Grup B
India
Malaysia
Kazakhstan

Grup C
China Taipei
Singapura
Filipina

Grup D
Jepang
Thailand

Tim putri:

Grup W
Jepang
Malaysia

Grup X
Korea Selatan
Kazakhstan

Grup Y
Indonesia
Thailand
Filipina

Grup Z
China Taipei
Singapura

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS