Indonesia Jadi Tuan Rumah Free Fire Champions Cup 2020

Rully Fauzi | Arief Apriadi
Indonesia Jadi Tuan Rumah Free Fire Champions Cup 2020
Konferensi pers Indonesia sebagai tuan rumah Free Fire Champions Cup (FFCC) 2020 di press room Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (10/2/2020). [Suara.com / Arief APRIADI]

Indonesia akan kembali menyelenggarakan event Esports kaliber dunia bertajuk Free Fire Champions Cup (FFCC) 2020.

Suara.com - Setelah sukses menggelar Piala Presiden Esports 2020, Indonesia akan kembali menyelenggarakan event Esports kaliber dunia bertajuk Free Fire Champions Cup (FFCC) 2020.

Kejuaraan besutan Garena itu direncanakan bakal berlangsung di Jakarta pada 19 April mendatang, dan akan diikuti oleh 12 tim mancanegara dari benua Asia, Eropa, Amerika, hingga Afrika.

Direktur Garena Indonesia, Hans Kurniadi Saleh mengungkapkan bahwa keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah FFCC 2020 menjadi gambaran bahwa ekosistem Esports Tanah Air tengah berkembang pesat.

Hal itu lantaran proses pemilihan tuan rumah, seperti diungkapkan Hans, berlangsung dalam proses yang ketat. Negara-negara dengan indikator pertumbuhan Esports yang tinggi menjadi salah satu poin penenetu.

"Terpilihnya Indonesia sebagai penyelenggara kejuaraan ini menunjukkan bahwa ekosistem Esports terus terbangun," ujar Hans Kurniadi di press room Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (10/2/2020).

"Mulai dari komunitas hingga industri yang memberi dampak positif bagi ekonomi digital. Kami terus berupaya menjadi bagian dalam perkembangan Esports Indonesia yang sejalan dengan visi misi pemerintah," tambahnya.

Indonesia sendiri menjadi negara Asia Tenggara kedua yang berhasil menjadi tuan rumah ajang FFCC, di mana Thailand sudah lebih dulu melakukannya tahun lalu di Bangkok.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pun mengapresiasi keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah FFCC 2020.

Melalui Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, turnamen berhadiah total Rp 8,18 miliar tersebut diharapkan bisa meningkatkan kualitas Esports Indonesia, baik dari sisi atlet maupun penyelenggaraan.

"Saya berharap akan sukses. Selama ini ada Piala Presiden Esports yang digelar Kantor Staf Kepresidenan dan Kemkominfo," tutur Gatot.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio yang turut hadir dalam konferensi pers juga mendukung penyelenggaraan FFCC 2020 ini.

Menurut Wishnutama, Esports merupakan salah satu dari 17 sub-bidang dalam kementeriannya yang diharapkan bisa memberi dampak positif bagi bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Kompetisi Free Fire ini termasuk daya tarik, sehingga penggemar Esports di seluruh dunia bisa datang, atau minimal menonton dulu," jelas Wishnutama.

"Saya pesan pada panitia, pastikan penyelenggaraan ini jauh lebih baik dari di Thailand. Kalau event-nya baik, itu akan menambah semangat bagi atlet-atlet kita," tukasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS