Olimpiade 2020: PBSI Harap Sektor Tunggal Putra Beri Kejutan

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Olimpiade 2020: PBSI Harap Sektor Tunggal Putra Beri Kejutan
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie (kiri) dan Anthony Sinisuka Ginting, berlatih jelang melawan Denmark di laga kedua penyisihan Grup 1B Sudirman Cup 2019, Senin (20/5). [Humas PBSI]

Sektor tunggal putra Indonesia untuk sementara berada di zona aman untuk meloloskan dua wakilnya ke Olimpiade 2020.

Suara.com - PBSI mematok target minimal meraih satu medali emas pada Olimpiade 2020 Tokyo. Sektor ganda putra menjadi yang paling diandalkan untuk mewujudkan ambisi itu.

Kendati demikian, Ketua Harian PBSI Alex Tirta menegaskan bahwa sektor-sektor lainnya juga harus berjuang memberikan hasil terbaik.

Khusus sektor tunggal putra, Alex meminta Jonatan Christie dan kolega memberi kejutan di Olimpiade 2020.

"Diharapkan juga dari sektor tunggal, tapi untuk target yang paling realistis itu dari sektor ganda (putra)," ujar Alex Tirta usai menghadiri penandatanganan Nota Kesepemahaman (MoU) dengan Kemenpora, Selasa (11/2/2020).

Alex tak menampik bahwa persaingan di sektor ganda putra cukup ketat.

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang merupakan ganda putra terbaik Indonesia saat ini, juga kerap tersandung di turnamen-turnamen besar.

Mundur ke tahun 2019, Kevin/Marcus tercatat gagal meraih gelar-gelar bergengsi. Mereka memang sukses merebut delapan gelar di turnamen bulutangkis BWF World Tour.

Namun mereka gagal meraih emas Kejuaraan dunia, BWF World Tour Finals, serta All England.

Justru, kettiga gelar bergengsi itu diraih Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Sang senior kini duduk di peringkat dua dunia atau satu strip di bawah Kevin/Marcus.

Pasangan Ganda Putera Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon bersalaman dengan Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan usai pertandingan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (19/01). [Suara.com/Alfian Winanto]
Pasangan Ganda Putra Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon bersalaman dengan Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan usai pertandingan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (19/01). [Suara.com/Alfian Winanto]

Menurut Alex, setiap sektor harus bisa memberikan kontribusi di Olimpiade 2020 nanti.

Sebagai antisipasi, sektor tunggal putra juga harus menanamkan pola pikir bahwa mereka bisa merebut medali.

"Semua saya kira oke-oke saja. Tunggal pun punya peluang. Mudah-mudahan atlet-atlet dalam kondisi baik, mereka bisa jaga kesehatan, yang terbaik yang akan kita dapatkan," jelas Alex.

Ketua Harian PBSI Alex Tirta usai menghadiri penandatanganan MoU dengan Kemenpora terkait pencairan dana Pelatnas dan persiapan Olimpiade 2020 di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (11/2/2020). [Suara.com/Arief Apriadi]
Ketua Harian PBSI Alex Tirta usai menghadiri penandatanganan MoU dengan Kemenpora terkait pencairan dana Pelatnas dan persiapan Olimpiade 2020 di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (11/2/2020). [Suara.com/Arief Apriadi]

Kualifikasi Olimpiade 2020 masih terus berlangsung hingga 26 April mendatang.

Sektor tunggal putra Indonesia untuk sementara berada di zona aman untuk meloloskan dua wakilnya, yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Anthony kini menempati peringkat empat klasemen kualifikasi Olimpiade 2020 (Race to Tokyo). Sementara Jonatan berada satu strip di bawahnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS