Olimpiade Tokyo Ditunda, Indonesia Hadapi Jalan Terjal di 2021

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Olimpiade Tokyo Ditunda, Indonesia Hadapi Jalan Terjal di 2021
Menpora Zainudin Amali dalam konferensi pers terkait nasib kompetisi olahraga profesional Indonesia ditengah wabah virus Corona di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (13/3/2020). [Suara.com/Arief Apriadi]

"Bagi kita, Indonesia, (penundaan Olimpiade 2020) agak berat," kata Menpora Zainudin Amali.

Suara.com - Penundaan Olimpiade 2020 Tokyo ke tahun depan turut berdampak pada Indonesia. Tahun 2021 disebut akan jadi jalan terjal bagi kontingen Indonesia.

Hal itu disampaikan Menpora Zainudin Amali pada, Kamis (26/3/2020). Hal itu sebagai respon dari ditundanya Olimpiade 2020.

"Bagi kita, Indonesia, (penundaan Olimpiade 2020) agak berat. Karena 2021, di dalam negeri ada pelaksanaan Piala Dunia U-20 lalu kami akan mengikuti SEA Games 2021 di Vietnam," ujar Menpora Zainudin Amali.

"Nah, berbarengan dengan itu kita juga harus siapkan diri untuk Olimpiade. Jadi 2021 tahun yang tersibuk untuk olahraga Indonesia," tambahnya.

Tak pelak, pemakaian anggaran pun akan meningkat drastis seiring banyak agenda olahraga besar yang diikuti kontingen Indonesia.

Menpora Zainudin Amali enggan pesimis dan yakin Indonesia bisa menanggulangi segala tantangan tersebut.

"Seharusnya kan sudah bisa selesai di tahun ini, tapi karena ditunda maka kita harus melakukan pelatihan jangka panjang untuk kegiatan-kegiatan yang kita hadapi ke depan itu," tandasnya.

Olimpiade Tokyo resmi ditunda ke tahun 2021 setelah Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe melakukan pembicaraan lewat konferensi video pada, Selasa (24/3/2020).

Sebelum ditunda, Olimpiade 2020 Tokyo rencananya bakal berlangsung pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS