ITDC Percepat Pembangunan Sirkuit Mandalika Demi MotoGP 2021

Angga Roni Priambodo
ITDC Percepat Pembangunan Sirkuit Mandalika Demi MotoGP 2021
CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta (baju putih garis biru) bersama Dirut PT. ITDC Abdulbar M. Mansoer di sela-sela meninjau pembangunan Sirkuit Mandalika yang menjadi lokasi MotoGP Indonesia 2021 di Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Senin (28/10/2019). [Dok. Lombokita]

PenyelenggaraanMotoGP diyakini akan mampu menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia hingga mencapai 300 ribu orang per tahun.

Suara.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) kini fokus mempercepat pembangunan Mandalika Street Circuit atau Sirkuit Mandalika untuk penyelenggaraan MotoGP Indonesia yang direncanakan berlangsung pada akhir tahun 2021.

“Kesuksesan penyelenggaraan MotoGP 2021 sangat penting bagi Indonesia, sehingga kami akan memastikan pembangunan sirkuit Mandalika terlaksana sesuai jadwal dan dan memenuhi standard internasional," ujar Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo dalam keterangan tertulis , Rabu (15/7/2020).

Wamen BUMN itu menjelaskan, kerja sama antara ITDC, PP dan Himbara merupakan suatu komitmen solid dari BUMN untuk mendukung kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP 2021.

Sirkuit Mandalika memiliki keunikan karena akan menyusuri pinggir pantai yang indah, sehingga diharapkan dapat menjadi daya tarik untuk mendorong industri pariwisata Indonesia.

Untuk itu, pada hari ini, ITDC menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk pembangunan Sirkuit Mandalika dengan PT PP (Persero) Tbk/PT PP senilai Rp900 miliar.

ITDC juga menandatangani Termsheet Fasilitas Sindikasi Perbankan yang melibatkan anggota HIMBARA yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN untuk mendukung pembangunan Sirkuit.

Proses Pengerjaan Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat Untuk MotoGP Indonesia 2021. (Instagram/itdc_id)
Proses Pengerjaan Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat Untuk MotoGP Indonesia 2021. (Instagram/itdc_id)

Penandatanganan PKS dilakukan oleh Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dan Direktur Utama PT PP Novel Arsyad dengan disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, bertempat di Gedung Mandiri Club, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

PKS ini efektif berlaku mulai tanggal 15 Juli 2020. Sementara Termsheet Fasilitas Sindikasi Perbankan ditandatangani oleh Farida Thamrin dan Teddy Y. Danas mewakili Bank Mandiri, Litasari Wahju W dan Rommel TP Sitompul mewakili BNI, S. Hernowo dan Hari Setiawan mewakili BRI, dan Sindhu Rahadian Ardita mewakili BTN.

“Kami optimistis kerja sama ITDC dengan PT PP akan mendukung percepatan pembangunan proyek nasional Mandalika Street Circuit yang akan digunakan untuk menggelar event dunia MotoGP Indonesia mulai tahun 2021," kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer seperti dilansir dari Antara.

Dia mengatakan bahwa dengan menggandeng PT PP yang merupakan BUMN jasa konstruksi terintegrasi dengan keahlian dan pengalaman dalam bidang konstruksi, properti, Engineering Procurement Construction (EPC), dan investasi ini,  pihaknya yakin akan menghasilkan sebuah sirkuit jalan raya berkualitas Internasional dan sesuai standar yang ditentukan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) serta dapat selesai sesuai jadwal.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS