alexametrics

Hasil FP2 MotoGP Portugal 2021: Bagnaia Tercepat, Marquez Tebar Ancaman

Arief Apriadi
Hasil FP2 MotoGP Portugal 2021: Bagnaia Tercepat, Marquez Tebar Ancaman
Pebalap tim Ducati Lenovo Francesco Bagnaia melaju di sesi latihan bebas pertama Grand Prix Portugal, Sirkuit Algarve, Portimao. (16/4/2021) (Patricia De Melo Moreira/AFP)

Francesco Bagnaia mengambil alih pimpinan catatan waktu sesi latihan bebas setelah jadi yang tercepat di FP2, Jumat (16/4/2021).

Suara.com - Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia jadi yang tercepat dalam sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Portugal 2021, Jumat (16/4/2021).

Setelah mendapati trek Sirkuit Algarve di Portimao yang sedikit basah pada FP1, semua pebalap mampu memperbaiki catatan waktunya dalam sesi latihan siang kendati sempat turun hujan pada awal FP2.

Fabio Quartararo merangsek ke peringkat dua dengan motor Yamahanya, terpaut 0,340 detik dari catatan 1:39,866 milik Bagnaia, demikian dikutip Antara dari laman resmi MotoGP.

Duet tim Suzuki juga mendapati hasil latihan terbaik mereka musim ini ketika Joan Mir dan Alex Rins mengklaim P3 dan P4, sekitar 0,4 detik lebih lamban dari pemuncak sesi.

Baca Juga: Lulus Tes Medis, Marc Marquez Siap Tampil di MotoGP Portugal 2021

Juara dunia delapan kali Marc Marquez yang absen sembilan bulan dari balapan sejak mendapati retak tulang humerus kanannya dan setelah tiga operasi, tak malu-malu memperlihatkan kecepatannya untuk finis P3 pada sesi latihan pagi.

Sang pebalap tim Repsol Honda itu menebar ancaman di FP2 dengan finis P6. Hasil itu membuatnya jadi pebalap Honda tercepat dalam sesi itu.

Sebelum hari ini, Marquez belum pernah mengendarai motor MotoGP di Portimao, tetapi sempat menguji motor produksi masal RC213V-S di trek tersebut bulan lalu.

Pemuncak FP1, Maverick Vinales harus puas finis P7, di depan pemuncak klasemen sementara Johann Zarco, yang sempat mengalami kebakaran kecil pada motornya ketika latihan start.

Takaaki Nakagami terjatuh pada awal sesi karena ban depannnya terkunci. Setelah cek medis, sang pebalap Jepang kembali ke trek dengan 10 menit tersisa untuk mengklaim P10, di belakang juara GP Portugal tahun lalu Miguel Oliveira yang finis P9 untuk KTM.

Baca Juga: Bukan Motor Balap, Marc Marquez Terciduk Naik Saudara Honda BeAT di Jalanan

Duet tim Petronas Yamaha Valentino Rossi dan Franco Morbidelli finis P15 dan P19 dan harus memperbaiki catatan waktunya di FP3 jika ingin mengamankan tiket lolos langsung ke Q2.

Komentar