alexametrics

Pebalap Moto3 Jason Dupasquier Meninggal Pasca Kecelakaan Hebat di Mugello

Rully Fauzi
Pebalap Moto3 Jason Dupasquier Meninggal Pasca Kecelakaan Hebat di Mugello
Momen setelah pebalap Moto3, Jason Dupasquier mengalami kecelakaan hebat di sesi kualifikasi Moto3 Italia di Sirkuit Mugello, Sabtu (29/5/2021). [Tiziana FABI / AFP]

Pebalap asal Swiss itu baru berusia 19 tahun.

Suara.com - Setelah sempat kritis, Dorna mengonfirmasi jika pebalap Moto3 asal Swiss, Jason Dupasquier tutup usia hari ini, Minggu (30/5/2021) sore WIB. Dupasquier meninggal dunia di usia 19 tahun setelah mengalami kecelakaan hebat dalam sesi kualifikasi Moto3 Italia 2021.

Dupasquier yang merupakan pebalap PruestelGP, mengalami kecelakaan horor di Sirkuit Mugello, Italia, Sabtu (29/5/2021).

Insiden bermula saat Dupasquier kehilangan kendali dan terjatuh di Tikungan 9 pada akhir sesi Q2, ketika sang rider belia sedang flying lap.

Pebalap Jepang Ayumu Sasaki yang berada di belakangnya tak dapat menghindar, dengan motornya mengenai Dupasquier. Pembalap Tech3 itu bahkan terpental dan mengalami highside.

Baca Juga: Sterling dan Walker Jadi Korban Rasisme Usai City Keok di Final Liga Champions

Fatalnya motor Sasaki menghantam kepala Dupasquier, yang membuat nama terakhir tergeletak tak sadarkan diri di trek. Situasi nahas ini memang tak terhindarkan.

Jeremy Alcoba dari Indonesian Racing Gresini turut terlibat dalam insiden kecelakaan ini. Namun beruntung, kondisinya baik-baik saja.

Dupasquier sendiri kemudian menjalani perawatan di pinggir trek oleh tim medis sirkuit, sebelum kemudian dipindahkan ke Rumah Sakit Careggi di Florence dengan menggunakan helikopter.

Sayang, nyawa Dupasquier tidak dapat diselamatkan. Luka-lukanya terlalu parah dan setelah sempat mengalami masa kritis, ia tutup usia hari ini.

Pihak Dorna langsung mengumumkan kabar duka itu tak lama setelah balapan Moto3 Italia, Minggu (30/5/2021) sore WIB. 

Baca Juga: Tak Pernah Raih Podium di MotoGP 2021, Valentino Rossi Diminta Pensiun Saja

Mendiang Dupasquier melakoni debut Moto3-nya pada 2020 bersama skuad PruestelGP.  Di musim ini, pebalap muda tersebut mencetak poin di semua lima balapan pertama, dengan hasil terbaiknya finis ketujuh di Jerez.

Menjelang pekan balap Moto3 Italia akhir pekan ini, Dupasquier berada di peringkat ke-10 klasemen sementara rider dengan mengoleksi 27 poin.

Komentar