alexametrics

Lee/Wang Raih Medali Emas Olimpiade Pertama Bulu Tangkis bagi Taiwan

Reky Kalumata
Lee/Wang Raih Medali Emas Olimpiade Pertama Bulu Tangkis bagi Taiwan
Lee Yang (kiri) dan Wang Chi-lin dari Taiwan berfoto dengan medali emas bulu tangkis ganda putra mereka pada upacara Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 31 Juli 2021. Pedro PARDO / AFP

Lee Yang/Wang Chi-Lin mengalahkan pasangan China di final ganda putra Olimpiade Tokyo

Suara.com - Ganda putra peringkat tiga dunia Lee Yang/Wang Chi-Lin mengukir sejarah dengan memenangkan medali emas Olimpiade pertama bagi Taiwan dari cabang olahraga bulu tangkis setelah mengalahkan Li Jun Hui/Liu Yu Chen dari China.

Pada partai puncak ganda putra Olimpiade Tokyo 2020, Sabtu malam, Lee/Wang menekuk ganda putra peringkat keenam dua gim langsung 21-18, 21-12.

Hasil yang diraih Lee/Wang ini sekaligus menjadi medali Olimpiade perdana bagi wilayah pulau di Asia Timur yang didapat dari bulu tangkis sejak pertama kali dihelat di Barcelona pada 1992.

Sebelum mengemas kemenangan tertinggi, aksi Lee/Wang dalam Olimpiade telah menarik perhatian banyak lawan-lawannya meski keduanya baru menjadi pasangan pada 2019.

Baca Juga: Luhut Pandjaitan Apresiasi Kerja Keras Zohri dan Alvin di Olimpiade Tokyo

Berawal dari fase penyisihan Grup A, Lee/Wang berada satu grup dengan ganda putra andalan Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang merupakan peringkat satu dunia.

Pada pertemuan mereka dalam pertandingan ketiga, ganda putra berjuluk Minions itu dipaksa menyerah rubber game 18-21, 21-15, 17-21.

Meski kalah, untungnya Minions masih bisa lolos ke fase gugur babak perempat final dengan menjadi juara grup. Sementara Lee/Wang mengikuti jejak Minions sebagai runner-up.

Pada perempat final, Lee/Wang bertemu wakil tuan rumah Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe yang merupakan peringkat empat dunia.

Laga mereka berjalan selama 44 menit. Meski berjalan alot, Lee/Wang menciptakan kejutan dengan menang dua gim langsung 21-16, 21-19.

Baca Juga: Sepak Bola Olimpiade Tokyo: Libas Korsel 6-3, Meksiko Tantang Brasil di Semifinal

Kemenangan Lee/Wang membuat Jepang harus kehilangan satu dari dua wakilnya dalam sektor ganda putra Olimpiade Tokyo 2020.