alexametrics

Gubernur Papua Lukas Enembe Pastikan Papua Siap Gelar PON XX

Syaiful Rachman
Gubernur Papua Lukas Enembe Pastikan Papua Siap Gelar PON XX
Gubernur Papua, Lukas Enembe, meninjau persiapan PON XX di klaster Kabupaten Mimika (Humas dan PPM PB PON XX Papua).

"Papua sudah siap, saya sudah meninjau semua venue..."

Suara.com - Kabupaten Mimika menjadi klaster terakhir yang dikunjungi Gubernur Papua, Lukas Enembe, demi memastikan persiapan jelang pelaksanaan PON XX Papua 2021 pada 2 - 15 Oktober mendatang.

Sebelum ke Kabupaten Mimika, orang nomor satu di Papua itu sudah lebih dulu meninjau persiapan di tiga klaster lain, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Merauke.

Berdasarkan pantauan langsung terkait persiapan yang telah dilakukan di empat klaster itu, Lukas menegaskan bahwa Papua sudah sangat siap untuk menjadi tuan rumah pesta olahraga terakbar di tanah air tersebut.

"Papua sudah siap, saya sudah meninjau semua venue di kota dan kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika maupun Kabupaten Merauke. Prinsipnya kita siap menyelenggaran pertandingan PON," kata Lukas Enembe kepada awak media, Senin (20/9/2021).

Baca Juga: PON Papua: Tim Softball Putra DKI Jakarta Siap Tempur

Sementara itu, terkait masalah keamanan di Papua yang menjadi perhatian serius dari kontingen peserta lain. Gubernur Papua dua periode ini menjamin bahwa selama pelaksanaan PON nanti Papua tetap aman.

"Peserta PON jangan ragu dengan Papua. Soal keamanan menjadi tanggung jawab TNI/Polri. Saat ini Papua aman dan damai, siap menyambut duta-duta olahraga Indonesia di Bumi Cenderawasih," tegasnya.

Selain itu, perihal kesiapan dari seluruh venue yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan di empat klaster tersebut, menurut Ketua Harian PB PON XX Papua, Yunus Wonda, semua venue di empat klaster pelaksanaan PON sudah sangat siap digunakan sesuai jadwal pertandingan.

"Dari sisi venue semua di setiap kota dan kabupaten penyelenggara telah siap untuk menyelenggarakan pertandingan resmi PON XX," ujar Yunus Wonda.

Dari keseluruhan venue yang telah dianggap tuntas, Yunus mengakui kalau masih ada satu venue di klaster Kabupaten Mimika yang masih belum beres pengerjaannya, yaitu venue cabang olahraga aerosport disiplin pertandingan terbang layang.

Baca Juga: Milawati Sirin, Andalan Tim Paralayang Jabar di PON Papua

"Landasan untuk venue terbang layang tinggal pengerasan, besok sudah bisa dipakai untuk latihan," kata pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Papua itu.

Untuk diketahui, PON yang untuk pertama kalinya dalam sejarah bakal berlangsung di Papua ini akan mempertandingkan 37 cabang olahraga dan 56 disiplin pertandingan di empat klaster pelaksanaan, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Kontributor : Raymond Latumahina

Komentar