alexametrics

Bukan 9 Gelar Juara, Ini Prestasi Terbesar Valentino Rossi di MotoGP

Arief Apriadi
Bukan 9 Gelar Juara, Ini Prestasi Terbesar Valentino Rossi di MotoGP
Track marshall (kiri) memberi tepuk tangan kepada pebalap Yamaha-SRT Italia Valentino Rossi (tengah) setelah Grand Prix MotoGP Emilia-Romagna di Sirkuit Dunia Misano Marco-Simoncelli, Misano Adriatico, Italia, pada (24/10/2021). [ANDREAS SOLARO / AFP]

Hal itu disampaikan Valentino Rossi jelang tampil di balapan terakhirnya pada MotoGP Valencia, Minggu (14/11/2021) mendatang.

Suara.com - Keberhasilan meraih sembilan gelar juara dunia di tiga kelas berbeda telah menjadikan Valentino Rossi sebagai salah satu pebalap legendaris di ajang MotoGP.

Namun, torehan sembilan gelar juara dengan rincian sekali di kelas 125cc, sekali di 250cc, dan tujuh kali di MotoGP bukanlah pencapaian terbesar bagi Valentino Rossi.

Menurut pebalap berjuluk The Doctor itu, pencapaian terbesar dalam 25 tahun kariernya adalah berhasil mempopulerkan MotoGP ke seluruh dunia.

Pebalap 42 tahun asal Italia itu kini tengah bersiap menjalani seri balapan terakhirnya sebelum pensiun di MotoGP Valencia 2021 alias Grand Prix ke-432 dalam kariernya pada Minggu (14/11/2021).

Baca Juga: Masih Punya PR di MotoGP Valencia, Quartararo Siap Bawa Yamaha Jadi Juara Tim

"Saya rasa hal paling positif dalam karier saya adalah banyak orang mulai mengikuti MotoGP untuk mengikuti karier saya dari awal, dan olahraga ini menjadi lebih besar, lebih terkenal di Italia tapi juga di seluruh dunia," kata Rossi seperti dikutip Reuters.

"Lega mengetahui bahwa selama karier saya, saya menjadi sesuatu yang berbeda, sesuatu seperti ikon dan ini kehormatan yang luar biasa.

Rossi memulai kariernya di kelas 125cc dan memenangi titel juara dunia pertamanya pada 1997, diikuti dengan gelar di kelas 250cc pada 1999.

Dia naik ke kelas premier pada tahun berikutnya dan memenangi tujuh gelar antara 2001 dan 2009.

"Saya selalu membayangkan konferensi pers ini... ini perasaan yang aneh. Saya ingin membuatnya tetap normal tapi itu tak mungkin. Emosi yang membuncah sekarang ini," kata Rossi, yang menghadiri seremoni spesial di Sirkuit Ricardo Tormo di mana ia dipertemukan dengan seluruh motor yang ia kendarai merebut gelar juara dunia di depan awak media.

Baca Juga: CEO Dorna Sedih Valentino Rossi Segera Pensiun

Sang pebalap tim Petronas Yamaha itu mengaku kecewa ia tak mampu menambah satu gelar lagi untuk titel kesepuluh dalam kariernya.

Komentar