facebook

Kaleidoskop 2021: Dari Euro 2020 hingga Olimpiade, Pentas Olahraga Berusaha Kembali Normal

Arief Apriadi
Kaleidoskop 2021: Dari Euro 2020 hingga Olimpiade, Pentas Olahraga Berusaha Kembali Normal
Ganda putri Indonesia, Greysia Polii / Apriyani Rahayu tak kuasa menahan tangis usai memastikan medali emas di Olimpiade Tokyo, Senin (2/8/2021) siang WIB. [Alexander NEMENOV / AFP]

Kompetisi olahraga diberbagai belahan dunia kembali menggeliat di tahun 2021 kendati pandemi Covid-19 masih melanda dunia.

Suara.com - Pentas olahraga di berbagai belahan dunia kembali menggeliat tahun ini setelah pada 2020 lalu terkena dampak parah pandemi Covid-19. Meski sebagian masih berlangsung secara tertutup, geliat kompetisi mulai meninggi.

Sepanjang tahun ini ada gairah sangat besar untuk membuka pintu-pintu stadion guna memberi pesan bahwa kehidupan telah kembali normal sekalipun kasus COVID-19 meninggi dan vaksin belum disuntikkan secara luas.

Sebagian besar turnamen dan kompetisi yang seharusnya diadakan pada 2020 namun ditunda karena pandemi tengah mengamuk di segala penjuru jagat akhirnya digelar tahun ini, termasuk EURO 2020 dan Olimpiade Tokyo 2020 yang merupakan dua peristiwa olahraga terbesar yang digelar tahun ini.

2021 juga ditandai dengan kabar-kabar menghebohkan seperti petenis putri Jepang Naomi Osaka dan pesenam putri Amerika Serikat Simone Biles yang mengundurkan diri dari turnamen karena alasan kesehatan mental, sampai hengkangnya superstar sepakbola Lionel Messi dari Barcelona ke Paris Saint Germain (PSG).

Baca Juga: Kaledioskop Balap 2021: Munculnya Juara Baru di MotoGP, F1 dan WSBK

Catatan-catatan besar juga tercipta tahun ini, khususnya dari berbagai arena Olimpiade, sampai sukses Giannis Antetokounmpo yang memimpin Milwaukee Bucks menjuarai NBA setelah menunggu selama hampir setengah abad.

Dari bulutangkis, Indonesia menuntaskan dahaga gelar selama 19 tahun dengan membawa pulang Piala Thomas dari Denmark, selain sukses tak kalah hebatnya dari ganda putri Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang selain mempersembahkan medali emas satu-satunya Indonesia dari Olimpiade Tokyo juga menuntaskan penantian panjang ganda putri meraih emas Olimpiade.

Pada bulan pertama tahun ini, Reli Dakar yang sejak 2020 diadakan di Arab Saudi, membuka ajang besar olahraga global pada 2 sampai 15 Januari. Kevin Benavides dan Stephane Peterhansel masing-masing menjuarai kategori sepeda motor dan mobil.

Ini juga bisa disebut cara Arab Saudi menampilkan wajah modernnya yang sejak dipimpin Raja Salman dan pemimpin de facto Pangeran Mahkota Muhamed bin Salman berusaha memodernisasi diri dalam segala bidang, termasuk mengadakan turnamen dan kompetisi elite olahraga di negeri ini.

Bulan ini juga bulutangkis membuka halaman pertama kalender kompetisinya yang tertunda setahun lalu dengan menggelar BWF World Tour Finals yang diadakan di Thailand dari 27 sampai 31 Januari.

Baca Juga: Kaleidoskop 2021: 7 Transfer Pemain Paling Menghebohkan Sepanjang 2021

Anders Antonsen menjadi salah satu yang memenangkan turnamen ini, sedangkan Indonesia tak kebagian satu pun gelar. Sepanjang tahun ini, dalam BWF Tour ini Indonesia total merebut enam gelar dan hanya tunggal putri yang tidak berhasil mempersembahkan gelar. Tapi Indonesia berhasil merebut Piala Thomas pada Oktober lalu setelah menaklukkan musuh berat China dalam final.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar